Mohon tunggu...
Leya Cattleya
Leya Cattleya Mohon Tunggu... PEJALAN

PEJALAN

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

"A Whole New World" Versi Arab Qolqolah ala Bondowoso, Parodi, Tren, dan Hak Cipta?

12 Juli 2019   22:35 Diperbarui: 16 Juli 2019   02:51 0 28 18 Mohon Tunggu...
"A Whole New World" Versi Arab Qolqolah ala Bondowoso, Parodi, Tren, dan Hak Cipta?
Ilustrasi Youtube| Pixabay

A Whole New World yang Melegenda
Kenal lagu A Whole New World lagu utama pada film Aladdin ciptaaan Alan Manken yang sedang hit lagi? Dua puluh tiga tahun yang lalu, pada film animasi Disney, Brad Kane dan Lea Salonga menyanyikannya. Lea Salonga, penyanyi Broadway kesayangan saya ini punya suara spesial. Sementara, di film yang dirilis 2019, Mena Massoud Naomi Scott dan Zayn Malik berduet Zhavia Ward yang menyanyikannya.

Sejak dirilis, lagu tersebut mendapat perhatian dunia. Ia menempati puncak tangga lagu Billboard. Juga, ini adalah satu-satunya lagu dari Disney yang memenangkan Best Original Song di Piala Oscar ke-65 dan Grammy Award di festival ke 36. Sejak 1996 itulah lagu ini terdengar di radio dan di banyak tempat publik di seluruh dunia, melegenda. 

Di film, lagu ini dinyanyikan Aladdin ketika mengajak Jasmine terbang dengan permadani ajaibnya. Aladdin menunjukkan kebebasan dan luasnya dunia kepada Jasmine yang selama ini terkurung. Ini lagu pernyataan cinta yang romantis sekali. Penyanyi Indonesia, Isyana Sarasvati dan Gamaliel meng-cover lagu ini dan dapatkan 11 jutaan "viewers", dan hit di Spotify. 


Nah. pernah dengar parodi dari A Whole New World versi Arab Qolqolah oleh 3way Asiska karya anak Bondowoso? Kocak loh. Bagaimana menurut pendapat Anda?


Cover ini cerdas sekali. Lucu, njelehi, dan ngasal, tetapi dibuat tidak asal asalan. Pantas, dalam 5 hari setelah penayangan, parodi ini ditonton hampir oleh 1 juta pemirsa.

Saya penasaran, memang. Ketika anak saya menunjukkan cover parodi ini, saya segera terbahak dan sejujurnya sangat terhibur. Saya akhirnya putar beberapa kali. Nah lu... Lupa sejenak dengan kotornya politik negeri, sibuknya Jokowi dan calon kabinet serta Pansel KPK. 

Video ini prosesnyapun ditampilkan di saluran youtube. Uniknya, dengan versi Arab ini, ketika menyanyi Aladdinpun tidak memegang tangan Jasmine.

Saya temukan komentar-komentar menarik dalam bahasa Inggris pada saluran youtube. "Setelah mendengar versi ini beberapa kali, saya tidak bisa menyanyikan kembali dengan versi normal aslinya. Saya akhirnya menyanyi terus dengan versi ini". Hahaha..kasihan ya, terperangkap dalam lagu parodi Aladdin ngawur ini?!

Lalu, "Kok bisa sih yang cewek tetap menyanyi sementara dia juga mendengar suara si cowok yang kocak ini?" Juga, "Am I the only person who appreciates the arrangement of the first part of the song? I love it".

Why are Indonesians funny and barbaric”, hahahaha". Soal qolqolah, juga, “The way he changed the letter "s" with ص got me dying”.

Siapa Penyanyi A Whole New World versi Arab Qolqolah Asal Bondowo itu?
Nama pemuda Bondowoso itu Salman Syamlan, youtuber yang wajahnya kearab-araban. Suaranya yang ia buat sengau itu memang pas dan kocak untuk versi Arab Qolqolah. Ia seorang mahasiswa Fakultas Manajemen Sumberdaya Perairan di Universitas Brawijaya, Malang. Ia sudah beberapa kali merekam lagu dengan konsep parodi dan banyak pemirsanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3