Mohon tunggu...
Leya Cattleya
Leya Cattleya Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - PEJALAN

PEJALAN

Selanjutnya

Tutup

Analisis Artikel Utama

Apa yang Saya dan Perempuan akan Dapatkan dari Pemilu 2019?

16 April 2019   03:53 Diperbarui: 16 April 2019   08:19 617
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi theconversation.com

Perempuan dalam Pemilu Presiden 

Pemilu sudah di depan mata. Tinggal 1 hari lagi. Di saat inilah, saya merenung. 

Saya bertanya pada diri saya "Apa yang akan saya dapatkan sebagai perempuan dari Pemilu ini?" Dan, mau tak mau, saya juga bertanya dalam konteks lebih luas "Apa yang kami dapatkan sebagai perempuan Indonesia dari Pemilu ini?

Untuk Pemilu Presiden, dari sisi keterwakilan perempuan dalam 'pencapresan', tampaknya kami perlu menunggu kehadiran capres atau cawapres di Pemilu 2024. Bagaimana dengan substansi dari kebijakan dan program kedua paslon ? 

Kebijakan publik dan program harus menguntungkan saya dan perempuan. Bukan berarti ini soal keuntungan duit dari pembangunan (dan itu terserah pada masing masing individu), tetapi bagaimana kebijakan dan program akan merubah kualitas hidup saya dan perempuan lain, khususnya dari kalangan miskin beserta keluarganya. 

Saya telah menuliskan beberapa hal dan juga soal partisipasi perempuan di artikel ini.  Untuk itu, ijinkan saya tidak mengulangnya.

Perempuan dalam Pemilu Legislatif? 

Dari sisi kuantitas, persentase perempuan sebagai calon legislatif adalah 40% dari Daftar Calon Tetap (DCT) dari total caleg DPR yang berjumlah 7.968 calon dan caleg DPD berjumlah 807 calon (Sekretariat Kabinet, Maret 2019).

Persentase 40% caleg perempuan ini adalah tertinggi dalam sejarah Pemilu di Indonesia. Kita memahami bahwa terdapat kuota 30% dari yang ditetapkan dalam Undang Undang Pemilu dan Undang Undang Partai Politik.

Apakah ini sudah prestasi? Kita masih harus lihat bagaimana hasilnya nanti.

Apakah akan diperoleh jumlah kursi yang lebih tinggi dari Pemilu sebelumnya? Seperti kita ketahui, kursi perempuan di legislatif dari hasil Pemilu 2004 adalah 11%, dari Pemilu 2009 adalah 17,9% dan dari Pemilu 2014 menjadi 17,3%. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun