Mohon tunggu...
Levi William Sangi
Levi William Sangi Mohon Tunggu... Petani - Bangga Menjadi Petani

Kebun adalah tempat favoritku, sebuah pondok kecil beratapkan katu bermejakan bambu tempat aku menulis semua rasa. Seakan alam terus berbisik mengungkapkan rasa di hati dan jiwa dan memaksa tangan untuk melepas cangkul tua berganti pena".

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Transformasi Petani Menjadi Pelaku Agribisnis Adalah Keharusan Agar Kesejahteraan Itu Ada

14 Juni 2019   15:51 Diperbarui: 14 Juni 2019   16:22 732
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saya sebelah kanan bersama seorang teman TNI yang juga adalah Petani. Saat berada di BPTP Sulut.  Dokpri

Salam mimpi swasembada.  

Ketika saya sedang berada di kebun jagung saya,  sejak dari pagi tadi, awan gelap menyelimuti langit diatas perkebunan jagung saya, dan benarlah dugaan saya,  akhirnya hujan berkat itu turun juga.  

Akhirnya, sampailah saya di gubuk perjuangan saya,  duduk manis ditemani secangkir kopi dan lambaian daun jagung yang bergerak gerik terkena siraman air hujan dan tiupan angin sepoi seakan mau menyampaikan jikalau dia bahagia. 

Hatipun gembira dan mulai menuliskan ini semua. 

Kali ini saya rindu untuk menuliskan tentang
PETANI yang ber Transformasi menjadi seorang AGRIBISNIS seperti apa yang saya yakini dan alami. 

Pada dasarnya Petani adalah seseorang yang tentu saja bergerak di bidang pertanian, profesi petani adalah profesi yang mengolah tanah dengan tujuan untuk menanam, menumbuhkan dan memelihara tanaman, dengan tujuan agar mendapatkan hasil dari tanaman tersebut untuk dipakai secara pribadi atau menjualnya guna memenuhi kebutuhan hidup yang lain. 

Sementara yang dimaksud dengan Agrobisnis / Agribisnis jika menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Istilah "agribisnis" diserap dari bahasa Inggris: agribusiness, yang merupakan lakuran dari agriculture (pertanian) dan business (bisnis).

Jika saya sederhanakan lagi,  bagi saya,  Agribisnis merupakan orang yang melakukan usaha di sektor pertanian baik itu sejak proses budidaya ataupun proses pemasaran / penjualan,  ataupun proses budidaya sampai kepada proses pemasaran. 

Seorang petani yang hanya membudidayakan tanaman juga bisa dikatakan pelaku di sektor agribisnis,  dan ketika sang petani memanen hasil tanaman yang dia budidayakan,  sang petani menjualnya kepada penampung yang sebenarnya juga merupakan pelaku agribisnis. 

Para penampung juga dinamakan pelaku di sektor agribisnis karna penampung memiliki usaha menjual kembali hasil pertanian itu ke pasar atau ke penampung lain atau ke konsumen langsung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun