Mohon tunggu...
Levena DewiAnggarini
Levena DewiAnggarini Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa S1 Akuntansi FE Unissula

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Peran Sistem Informasi Akuntansi (SIA) untuk Menentukan Strategi Bisnis

3 Juni 2020   08:28 Diperbarui: 3 Juni 2020   08:18 28 1 0 Mohon Tunggu...

Levena Dewi Anggarini

31401900089

Mahasiswa S1 Akuntansi

FE Unissula

Merencanakan sebuah strategi bisnis bisnis merupakan hal yang penting.Memilih strategi bisnis bagi perusahaan juga banyak yang harus dipertimbangkan. Yang pertama adalah menyusun seluruh tugas organisasi agar saling memperkuat satu sama lain dan tidak terjadi tumpang tindih dalam melakukan tugas organisasi. 

Jika semua organisasai dapat melaksanakan tugasnya dengan baik maka para pesaing akan sulit untuk meniru apa yang perusahaan buat, karena lebih banyak hal yang lebih penting harus dikerjakan daripada meniru perusahaan lain. Dan bahkan perusahaan yang sudah mempunyai kesesuaian dalam melakukan tugas organisasinya tidak perlu khawatir untuk menjaga kegiatan rahasia mereka.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi
Sistem informasi akuntansi merupakan struktur yang menyatu dalam suatu entitas, yang menggunakan sumber daya fisik dan komponen lain, untuk merubah data transaksi keungan/akuntansi menjadi informasi akuntansi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dari para pengguna atau pemakainya (users).Wilkinson dan Cerullo.Sedangkan menurut mulyadi sistem informasi akuntansi merupakan formulir, catatan, dan laporan yang diatur dengan baik untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan organisasi.

Peran Sistem Informasi
Untuk mencapai hasil yang baik antar kegiatan organisasi maka perusahaan perlu mengumpulkan data dari semua kegiatan yang dilakukan organisasi. Sistem informasi juga harus harus mengumpulkan dan mengintegrasikan baik data keuangan ataupun non keuangan. Penggunaan sistem informasi akuntansi dalam menentukan strategi bisnis bisa membantu perusahaan dalam memilih strategi yang terbaik.
Manfaat Sistem Informasi Akuntansi untuk Menentukan Strategi Bisnis

Sistem informasi akuntansi dapat menambah nilai untuk perusahaan dengan cara memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu. Oleh karena itu perusahaan harus merancang sistem informasi akuntansi dengan baik. Sehingga perusahaan mendapatkan manfaat yang dapat digunakan untuk membantu menentukan strategi bisnis, seperti:
1.) Sistem informasi akuntansi memberikan informasi yang akurat dan tepat oleh karena itu perusahan dapat melakukan kegiatan utama secara efektif dan efisien.
2.) Meningkatkan kualitas dam mengurangi biaya produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
3.) Meningkatkan kemampuan dalam dalam pengambilan keputusan
4.) Menambah efisensi kerja pada bagian keuangan.

Kesimpulan dari uraian di atas adalah sistem informasi akuntansi sangat penting untuk suatu perusahaan dapat melakukan proses operasi maupun informasi dengan lebih efektif dan efisien.Adanya pengendalian yang mengendalikan proses-proses tersebut hingga hasil yang dicapai dapat sesuai dengan tujuan perusahaan. Apabila sistem informasi akuntansi dalam perusahaan tidak berjalan dengan baik, misalkan karena suatu komponen di dalam sistem informasi akuntansi yang tidak berjalan dengan baik, tentu hal ini akan menyebabkan sistem yang berjalan menjadi terhambat sehingga mengakibatkan kegiatan bisnis perusahaan tidak berjalan dengan lancar.

Referensi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x