Mohon tunggu...
Lestyo Haryanto
Lestyo Haryanto Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang pembelajar yang menulis apa saja

Seorang karyawan yang mempunyai hobi menulis. Sebuah tulisan baginya adalah cara untuk berbagi dengan orang lain. Ketika orang lain terispirasi dengan tulisan, ia sudah senang dan bahagia. Penulis empat buku solo dan kontributor puluhan antologi berbagai genre.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kita Perlu Menerapkan Rumus Ctrl+Alt+Del dalam Hidup Kita, Apakah Itu?

23 Agustus 2021   13:23 Diperbarui: 23 Agustus 2021   13:47 131 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kita Perlu Menerapkan Rumus Ctrl+Alt+Del dalam Hidup Kita, Apakah Itu?
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sebagai pengguna komputer, kita pasti tak asing dengan tiga tombol yaitu tombol ctrl, alt, dan del.  Ketiga tombol ini apabila ditekan bersamaan memiliki fungsi untuk mengaktifkan ulang komputer atau menghentikan program yang berjalan. 

Tombol ini ditemukan oleh David Bradley seorang insinyur di IBM dan dipopulerkan oleh Bill Gates pada tahun 1990-an meskipun Bill Gates sendiri menyukai satu tombol untuk mengakses fungsi itu.

Kalau hidup manusia diibaratkan sebuah komputer, suatu saat kita perlu mengaktifkan ulang hidup dengan berhenti sejenak dari rutinitas dan merenungkan hidup kita. Ibu Ani Natalia seorang public speaker dan motivator memberikan rumus "ctrl+alt+del" dalam instastorynya beberapa waktu yang lalu yang aku coba jabarkan berdasarkan permenunganku. 

 

Ctrl = Control Yourself (Pengendalian Diri).

Pengendalian diri sangatlah diperlukan dalam hidup sehari-hari karena kita sebagai manusia mempunyai nafsu.  Terkadang nafsu yang ada dalam diri kita lebih mengarahkan kita ke hal-hal negatif yang terkadang mengalahkan pikiran sehat kita.  

Oleh sebab itu pengendalian diri inilah yang bisa menahannya.  Pengendalian diri yang kita lakukan diharapkan bisa "memaksa" kita sebagai manusia untuk mengikuti norma-norma yang berlaku di sekitar kita.

 

Alt = Alter Your Thinking (Ubah Pemikiranmu/Cara Pandangmu).

Mengubah cara berpikir/cara pandang sangat dibutuhkan karena dalam kehidupan kita sehari-hari, sering kita dihadapkan pada suatu pilihan.  Cara kita mengambil keputusan dalam memilih pasti membutuhkan persepsi yang tepat dari kita. 

Persepsi yang tepat akan terjadi ketika kita sudah melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang yang berbeda sehingga bisa mendapatkan gambaran utuh tentang masalah itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan