Mohon tunggu...
Lesterina Purba
Lesterina Purba Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Hidup hanya sebentar perbanyaklah kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

100 Tahun Chairil Anwar Aku Ingin Hidup Seribu Tahun Lagi

2 Agustus 2022   13:09 Diperbarui: 2 Agustus 2022   13:21 1636
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

100 Tahun Chairil Anwar Aku Ingin Hidup Seribu Tahun Lagi

Chairil Anwar lahir Medan, pada 26 Juli 1922. Dia dikenal sebagai seorang pujangga penyair besar Indonesia, dengan karya puisinya yang terkenal di antaranya, "Aku", "Lagu Siul", "Diponegoro", "Doa", serta "Krawang-Bekasi".

Pada tanggal 26 Juli 2022 lalu genap perayaan 100 tahun puisi Chairil Anwar. Puisi yang penuh makna kaya akan diksi. Puisi kontemporer yang tidak terikat aturan. 

Siapa yang tidak mengenal tokoh legendaris Chairil Anwar. Mungkin sepanjang perjalanan hidup. Mulai kita SD selalu terselip puisi Chairil Anwar. Yang sering muncul puisi berjudul
"Aku"
"Pangeran Diponegoro"
"Krawang Bekasi"

Chairil pernah melengkapi hidupnya dengan menikahi Hapsah Wiraredja pada 6 Agustus 1946. Dari pernikahan ini, beliau dikaruniai seorang putri bernama Evawani Alissa Chairil Anwar. Namun, kedua pasangan ini bercerai pada akhir 1948.

Puisi yang penuh makna. Kepercayaan diri dan kekuatan untuk tetap hidup dan sangat berarti untuk bangsa dan negara. Chairil Anwar termasuk pahlawan di bidang sastra. Tulisannya hidup meskipun raga sudah tiada. Sesuai dengan salah satu isi puisinya dengan judul "Aku"

Puisi yang sering dipakai untuk lomba pembacaan puisi. Bahkan sering dianalisis di dalam buku mata pelajaran. Puisi berjudul "Aku" memang sangat melekat di hati.

Aku

Kalau sampai waktuku
'Ku mau tak seorang 'kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun