Mohon tunggu...
Lesterina Purba
Lesterina Purba Mohon Tunggu... Penulis

Hidup hanya sebentar perbanyaklah kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Hujan Deras di Ibukota Mengakibatkan Banjir, Mengapa Demikian?

5 Januari 2021   06:53 Diperbarui: 5 Januari 2021   07:00 194 25 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hujan Deras di Ibukota Mengakibatkan Banjir, Mengapa Demikian?
sumber: theconversation.com

Hujan 2021. Memasuki awal tahun 2021. Hujan disertai angin kencang sudah beberapa hari ini. Tetapi daerah kami aman. Belum ada kabar buruk. Sebelumnya bila berturut-turut hujan deras. Jalanan menuju ke perumahan lumayan banjir karena dapat kiriman dari sekitarnya. Itu juga tidak terlalu parah hanya selutut. Saluran air walaupun dalam kiri kanan bila dapat kiriman banjir tetap saja meluap.

Hujan di kota besar selalu identik dengan banjir kenapa demikian?

Seperti pengalaman saya ketika merantau ke Jakarta. Tahun 1999 saya mulai bekerja di pabrik garmen Kapuk Jakarta Utara. Tahun 2002 banjir bandang di Jakarta. 

Ketika itu kami masih bekerja. Hujan terus menerus selama dua minggu. Pulang bekerja perusahaan kami sudah dikelilingi banjir. Kami pulang akhirnya jalan kaki sambil pegangan tangan. Banjir sudah sebatas dada. Kadang kami pulang menumpang truk terbuka tanpa pegangan cuma berpegangan dengan teman lainnya.

Tahun berikutnya sesudah menikah banjir bandang lagi di tahun 2013 . Ini saya tuliskan bentuk cerpen. Puji Tuhan saya masih bisa bersyukur banjir tidak pernah masuk ke kontrakan karena tinggal di rumah susun.

Ada beberapa hal yang menyebabkan banjir di kota besar antara lain:

1. Padatnya rumah penduduk
2. Saluran air penuh
3. Aliran air mampet/tersumbat
4. Membuang sampah sembarangan

Baca juga: Ibu Kota Menangis

Pertama kali datang ke Jakarta kebetulan keluarga saya tinggal di daerah Tegal Alur Cengkareng Barat. Got penuh sehingga menimbulkan bau. Setiap kali lewat pasti tutup hidung alias mual. Pengalaman pertama melihat got penuh. Setelah sekian tahun tinggal di Jakarta hal demikian sudah biasa. Bahkan berjalan di atas banjir sudah biasa. Hal yang lumrah. 

Bagaimana mengatasinya bila banjir.

1. Dari rumah memakai sandal jepit atau anti air yang terbuat dari plastik.

2. Memakai pakaian rumah atau celana pendek. Tiba di tempat pekerjaan baru memakai pakaian kerja yang sudah disiapkan dari rumah. Semua terbungkus plastik. Jaga-jaga di perjalanan basah akibat hujan.

3.  Menyediakan payung atau jas hujan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN