Mohon tunggu...
Lesterina Purba
Lesterina Purba Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Hidup hanya sebentar perbanyaklah kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Merawat Bunga Mawar Gampang-gampang Susah

2 September 2020   11:56 Diperbarui: 2 September 2020   11:58 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar Dokri

Kembang mawar ini selalu di hati. Bunga favorit. Ingat dulu masa pacaran sang pacar memberikan bunga mawar putih dan merah bahagia rasanya. Segera saja saya taruh di pot biar awet.

Perawatan bunga mawar tidak terlalu susah. Bahkan bisa dibilang mudah dan murah. Merawat mereka penuh dengan cinta dan hasilnya kita menikmati bunga-bunga yang indah dan cantik. Harga mawar tidak terlalu mahal. Satu pot hanya 25 ribu rupiah. Murah tapi mewah. Cantik lagi bila bunganya bermekaran.

Pengalaman pertama sewaktu kecil di kampung menanam bunga mawar berwarna kuning  sayang saja tangkainya yang panjang sehingga bila lewat sering kesambet duri. Tapi bunganya aduhai cantiknya bila bermekaran.

Sekarang saya menanam mawar ada tiga jenis antara lain merah, orenge, pink campur putih. Saya beli yang di stek jadi batangnya tidak memanjang. Gugur bunga yang satu tumbuh kuncup yang baru tidak pernah berhenti berbunga. Senangnya pagi hari menemukan mereka bermekaran. Bunga mawar awet selama seminggu.

Cara merawatnya cukup mudah.
 1.  Sering disiram pagi hari dan sore hari.
 2. Diberikan pupuk, saya sering menyiramnya dengan air cucian beras
 3. Matahari pagi
 
Pernah pengalaman saya menanam mawar tanpa kena sinar matahari pagi. Sekali berbunga seterusnya dia mati tak mau tumbuh tunas dan berbunga lagi. Semenjak itu saya tidak menanam bunga mawar karena kondisi rumah kontrakan membelakangi matahari pagi.

Sekarang setelah pindah rumah kebetulan menghadap timur kecintaan saya terhadap mawar terulang lagi. Saya menanam mawar berhasil sudah ketiga kalinya berbunga semenjak saya beli bulan Juni 2020. Sungguh membuat saya tambah semangat untuk mengoleksinya. Ingin mencari bunga mawar berwarna kuning dan merah darah. Semoga segera kesampaian bila mereka berbunga taman saya menjadi indah dan berwarna-warni.

Erina Purba
Bekasi, 02092020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun