Mohon tunggu...
Lestari Nugraheni
Lestari Nugraheni Mohon Tunggu... Mahasiswa

positif thinking

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Fungsi Agama dan Hubungannya dengan Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

3 Juli 2020   00:02 Diperbarui: 3 Juli 2020   00:00 199 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fungsi Agama dan Hubungannya dengan Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia
harianmomentum.com

Indonesia memiliki kebebasan dalam beragama dan melaksanakan ibadah. Dasar hukum yang menjamin kebebasan beragama di 

Indonesia ada di Undang - Undang Dasar 1945 yaitu pada:

Pasal 28E ayat (1) UUD 1945 yang berbunyi: " setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurt agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memeilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal dieilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali." 

 Pasal 28E ayat (2) UUD 1945juga menyatakan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan. dan di Pasal 29 ayat (2)menyatakan an negara menjamin kemerdekaan tiap - tiap penduduknya untuk memeluk agamanya masing - masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya. 

Indonesia memiliki berbagai macam agama yaitu Islam, Khatolik, Kristen, Buddha, Hindu, dan Khong Hu Chu. Di dalam pasal 1 UU Penodaan Agama menyatakan bahwa agama - agama yang dipeluk oleh penduduk Indonesia ialah Islam Kristen, Buddha, Hindu, dan Khong Hu Chu (Confusius).. Tapi bukan berarti agama - agama lain dilarang di Indonesia. Penganut agama diluar enam (6) agama diatas mendapat jaminan penuh dalam pasal 29 ayat (2) UUD 1945 dan mereka dibiarkan keberadaanya apabila tidak melanggar peraturan perundang undangan di Indonesia. 

Agama sebagai keyakinan seseorang akan keberadaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Agama adalah hal yang sakral dan penting  bagi penganutnya. Setiap agama pada dasarnya memiliki ajaran dan mengarahkan penganutnya untuk dapat mencapai kondisi yang memiliki kebermanfaatan dalam beragama bagi individu. 

Menurut Haryanto (2016) fungsi agama dalam kehidupan:

1. Hidup Terarah

Disetiap ajaran agama islam seseorang harus meyakini akan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa, harus tunduk dan menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa. Apabila kkita yakin akan keberadaan Tuhan, hidup kita akan mudah mencapai tujuan, dan hidup akan menjadi terarah dalam menjalani kehidupan. 

Dengan adanya agama dapat mendorong dan mengajak umatnya untuk hidup sesuai aturan. Disaaat Pandemik COvid-19 ini kita diharuskan untuk hidup bersih, rajin mencuci tangan, dan jika keluar rumah memakai masker. Jangan menganggap wabah ini remeh, selalu ikuti aturannya supaya wabah COvid-19 cepat berakhir. 

2. Seabagai sarana dalam memeberikan ketenangan dalam kehidupan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN