Mohon tunggu...
Lestari Nugraheni
Lestari Nugraheni Mohon Tunggu... Mahasiswa

positif thinking

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Tugas Mata Kuliah Prof Dr Apollo (Daito): Definisi Asset

7 April 2020   08:11 Diperbarui: 7 April 2020   09:44 109 0 0 Mohon Tunggu...

Pasti sudah banyak yang tau asset itu apa ? disini akan dijelaskan salah satu elemen - elemen yang terdapat dalam laporan keuangan yaitu aset. Aset jika dilihat dalam laporan keuangan terdapat di paling atas dan peling awal. 

Aset adalah harta kekayaan atau sumber daya yang dimiliki perusahaan yang digunakan untuk kegiatan operasioanl perusahaan. Aset adalah sumber daya yang dimiliki dalam suatu bisnis perusahaan. Aset meliputi cash, piutang usaha, persediaan, aktiva tetap, perlengkapan, peralatan, tanah dan harta. 

Definisi aset menurut para ahli :

Menurut Peraturan Pemerintah RI No. 24 Tahun 2005 tentang standar akuntansi pemerintahan. 

Aset dapat diklasifikasikan kedalam aset lancar (current asset) dan aset tidak lancar (non current asset). 

Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI)

Definisi aset merupakan  sumber daya yang dikuasai sebagai akibat dari kejadian dimasa lalu untuk memberikan dan mmemiliki manfaat ekonomi di masa depan bagi perusahaan tersebut. 

Menurut Siregar

Pengertian aset adalah barang (thing) atau sesuatu barang (any thing) yang memiliki nilai ekonomi (economic value) atau nilai tukar (exchange value ) yang dimiliki oleh suatu badan usaha. 

Karyawan dan pelanggan dapat dijadikan aset di  dalam perusahaan. Dengan adanya karyawan dalam bisnis perusahaan, keungkinan karayawan itu akan bekerja dengan giat dan dapat meningkatkan daya saing antar perusahaan, dan karyawan akan memberikan yang terbaik untuk perusahaan btempat bekerjanya. Adanya pelanggan perusahaan dapat menambah pendapatan (laba) perusahaan dari hasil penjualan barang, dapat menjadi inspirasi untuk perusahaan lain yaitu dengan melihat dan menemukan hal - hal yang baru dan di jadikan sebuah inovasi baru dalam lini produk mapun pemasarannya. 

Supaya bisa memperoleh asset (aktiva) terdapat cara yang dapat dilakukan seperti memproduksi barang sendiri lalu dijual atau dengan membeli barang orang lain bisa juga dengan cara melakukan pertukaran aset. Aset dapat bermanfaat secara langsung atau pun tidak langsung bagi suatu perusahaan.   Aset memiliki masa manfaat ekonomi dimasa depan yang cukup pasti, contoh aset yaitu tanah. Tanah dapat dijadikan aset karena semakin lama harga tanah semakin mahal (naik) dan dengan adanya tanah bisa dijadikan bangunan untuk tempat usaha. Uang juga memiliki manfaat ekonomi pada saat membeli dan ditukar dengan barang yang memiliki harga yang sama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN