Mohon tunggu...
Lestarini D. Sumotenodjo
Lestarini D. Sumotenodjo Mohon Tunggu... Sosok yang mencintai dunia anak. Mengabdikan hidup untuk anak-anak dengan berusaha berbuat yang terbaik untuk mereka dengan memberikan kasih dan cinta.

Ceria dan selalu gembira

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Buku yang Tepat untuk si Buah Hati

16 Mei 2019   21:54 Diperbarui: 16 Mei 2019   22:00 0 1 1 Mohon Tunggu...
Buku yang Tepat untuk si Buah Hati
Dokpri: Lestarini D. Sumotenodjo

Buku adalah jendela dunia. Dengan buku, dunia berada dalam genggaman tangan kita. Untuk itu amatlah penting membiasakan budaya membaca pada si buah hati.

Buku yang menarik akan menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak sejak dini. Para bunda haruslah pandai memilih buku. Kalau pemilihan buku sudah tepat, pastilah seru jika kita bisa membaca bersama atau kita yang membacakan cerita untuk mereka.Jujur nih, terkadang ada kebingungan di benak para bunda dalam memilih bahan bacaan yang tepat untuk putra-putri tercinta. Pasti selalu timbul pertanyaan dalam hati, seperti apa sih buku bacaan yang tepat untuk anak?

Sebenarnya tidaklah sulit memilih buku untuk anak. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan buku anak.

1. Minat
Tidak ada yang lebih tahu tentang putra-putri kita selain kita sendiri. Kita pasti tahu minat dan kesukaan mereka itu apa. Nah, sesuaikanlah buku bacaan yang akan kita pilih dengan minat mereka. Ingat, tugas kita adalah mendampingi dan memberikan penjelasan yang mudah mereka pahami terhadap buku-buku yang mereka minati dan sukai.

2. Usia
Usia sangat penting dalam pemilihan buku bacaan untuk anak. Pastikan buku mengandung tema yang sesuai dengan usia mereka dan tidak mengandung kata-kata yang sulit dipahami. Jangan pernah berikan buku tentang cerita horor, kekerasan, politik, percintaan, atau buku tentang masalah orang dewasa lainnya pada anak.

3. Bergambar dan berwarna
Gambar dan warna dalam buku cerita yang kita berikan untuk putra-putri tercinta akan merangsang imajinasi mereka untuk mau mengungkapkan apa yang mereka pikirkan. Dengan gambar dan warna anak akan lebih tertarik dan tertantang untuk menyelesaikan bacaan mereka dibandingkan dengan buku yang tidak bergambar.

Tapi harap diingat oleh para bunda, terkadang buku terbaik bukanlah buku yang dikarang oleh orang lain, melainkan buku yang kita buat sendiri. Jangan bingung, kita tidak perlu menjadi penulis atau komikus handal untuk bisa membuatnya.

Pertama-tama, kita harus mengetahui lebih dahulu tema apa yang disukai si buah hati. Lalu kita ambil kertas warna-warni kemudian kita jilid menjadi seperti buku. Nah, setelah itu kita isi dengan potongan gambar dari koran atau majalah dengan cara menempel dalam halaman kertas warna-warni yang telah kita jilid. Buatlah semenarik mungkin.Tambahkan dengan kata-kata lucu yang menarik.

Kita bisa membuat buku semacam ini bersama si buah hati. Biarkan dia berkreativitas dengan coretan-coretan khasnya dan kita akan lihat hasil yang akan mereka capai saat dewasa jika kita bisa mempertahankan kebiasaan ini sebaik mungkin.

Nah, untuk para bunda jangan bingung lagi memilih buku yang tepat untuk si buah hati ya.