Mohon tunggu...
Les Privat Jogja
Les Privat Jogja Mohon Tunggu...

Bimbingan Belajar Bimbel Les Privat Jogja Datang Kerumah untuk TK / SD / SMP / SMA / Mahasiswa Murah Terbaik https://lesprivatjogja.com/

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Cita-cita Bisa Diwujudkan, Bisa Tidak

6 Juni 2017   14:19 Diperbarui: 7 Juni 2017   20:44 318 0 0 Mohon Tunggu...

Setiap anak pasti memiliki cita-cita yang setinggi langit. Ketika kita masih kecil sering mendapatkan pertanyaan mengenai cita-cita saat nanti sudah dewasa. Secara spontan biasanya seorang anak akan menjawab dengan beberapa profesi yang umum didengarnya seperti Dokter, Polisi, Pilot atau profesi lain yang tak kalah tenar. Akan tetapi biasanya cita-cita ini memudar atau bisa jadi berubah. Hal ini umum terjadi. Seiring bertambahnya usia semakin bertambah pula pengetahuan mereka mengenai profesi yang ia cita-citakan dahulu. Profesi yang dulu ia cita-citakan sejak kecil bisa jadi tidak ia sukai lagi setelah dewasa atau setelah mengetahui tugas maupun perjuangan untuk menggapai profesi tersebut. Akan tetapi bisa jadi seorang anak berhasil meraih apa yang ia cita-citakan sejak kecil setelah mengetahui detail informasi mengenai profesi tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi.

Cita-cita ini kebanyakan dipengaruhi oleh lingkungan, bakat minat, passion dan ekonomi. Akan tetapi faktor yang paling dominan adalah passion dan lingkungan. Jika passion seseorang dalam meraih cita-cita sangatlah tinggi dan lingkungan juga mendukung (terutama lingkungan keluarga) maka peluang untuk mewujudkan cita-cita sangatlah besar.

Oleh karena itu peran keluarga terutama kedua orang tua sangatlah besar. Semangat kedua orang tua akan sangat mempengaruhi semangat anak dalam menggapai cita-citanya. Setiap orang tua mestinya mendukung seorang anak untuk mewujudkan cita-citanya meskipun terkadang cita-cita itu tidak sesuai dengan keinginan orang tua. Disini kedua orang tua harus bisa bersikap bijaksana terhadap keinginan anak dalam menentukan masa depannya.

Bentuk dukungan keluarga terhadap cita-cita anak bermacam-macam. Bagi keluarga yang memiliki latar belakang ekonomi yang berkecukupan bisa mendaftarkan anak ke lembaga bimbingan belajar Gama Cendekia Learnesia atau tempat kursus yang sesuai dengan bakat dan minat anak. Bentuk dukungan keluarga tidak melulu soal ekonomi. Dukungan juga bisa berbentuk kata-kata atau ucapan penyemangat. Jika setiap orang tua menyadari mengenai hal ini maka setiap anak akan dapat meraih cita-cita sesuai dengan apa yang ia inginkan.

VIDEO PILIHAN