Mohon tunggu...
Lesley Tehuayo
Lesley Tehuayo Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Pattimura Personal blog https://betaleste.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Trik Menghindari Kehilangan Uang dan Barang saat Bepergian

15 Juli 2021   17:19 Diperbarui: 15 Juli 2021   17:33 65 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Trik Menghindari Kehilangan Uang dan Barang saat Bepergian
Bepergian (pexels.com)


Umumnya melakukan perjalanan ke luar kota  karena urusan pekerjaan atau hanya pergi berlibur. Ada pula yang pergi untuk urusan pekerjaan sekaligus berlibur. Melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi adalah cara yang terbaik agar tidak bersesakan di dalam kendaraan umum. Namun ada pula yang memilih menggunakan kendaraan umum.

Apabila lupa uang atau barang di mobil pribadi, tidaklah begitu cemas. Sedangkan jika lupa uang atau barang di kendaraan umum akan sulit untuk menemukannya kembali, kecuali di perhatikan oleh petugas dan disimpan. Bukan hanya itu, kecopetan pada kendaraan umum pun sering terjadi. Berbeda dengan kendaraan pribadi yang minim resiko kecopetan. Hal ini yang membuat orang agak kuatir untuk bepergian dengan kendaraan umum.

Untuk menghindari kehilangan uang atau barang di dalam kendaraan umum, ada beberapa trik yang dapat dilakukan. Pertama,  memakai pakaian dua lapis. Sebenarnya memakai pakaian berlapis di musim panas justru akan membuat kepanasan. Namun, untuk menghindari kehilangan uang, kamu dapat menggunakan cara ini. Sebaiknya baju bagian dalam memiliki saku. Dengan begitu, kamu dapat menyimpan uangmu di situ. Jangan lupa menggunakan jaket yang memiliki kancing atau ritsleting.

Kedua, menyimpan uang pada kaos kaki. Trik ini memang agak aneh kedengarannya. Namun kamu dapat mencobanya. Gunakan kaos kaki sampai betis, lalu masukan uangmu di situ. Jangan lupa gunakan celana yang panjang agar tidak terlihat oleh orang lain.

Ketiga, kaitkan tas yang berisi dokumen-dokumen penting dengan celanamu. Maksudnya ialah kamu perlu mengikat, mengaitkan tali tas dengan tempat mengikat pinggang di celana. Hal ini berguna jika ada orang yang berusaha membawa kabur tasmu, kamu akan tahu. Ini berguna juga, jika kamu sedang tidur agar kamu kaget dan terbangun.

Keempat, pastikan sebelum naik kendaraan melihat ekspresi, dan gelagat orang-orang yang ada di dalam kendaraan tersebut. Hal ini berguna jika ada orang yang sedang ditawan di dalam kendaraan, kamu tahu. Selain itu, kamu juga harus melihat tampilan orang-orang di dalam kendaraan, mungkin saja ada pencopet. Apabila ada yang mencurigakan, sebaiknya kamu batalkan saja untuk menaiki kendaraan tersebut.

Kelima, apabila kamu ingin mengeluarkan uangmu baik untuk membayar atau sekedar menghitung haruslah berhati-hati. Adalah lebih baik jika kamu mengeluarkan uangmu di tempat yang aman. Pastikan kamu melihat sekelilingmu sebelum mengeluarkan uang.

Keenam, tidak mudah menerima pertolongan. Saat kamu berada di suatu tempat yang baru, sebaiknya jangan terlalu mudah percaya dengan orang baru. Ketika mereka menawarkan bantuan, janganlah langsung cepat mengiyakan. 

Selain itu, jangan mudah percaya dengan orang yang tiba-tiba datang dan menghiburmu. 

Pastikan tidak ada barang berhargamu yang kamu pegang. Meskipun begitu, jangan juga cepat berburuk sangka pada orang. Yang terpenting di sini ialah menjaga agar barang milikmu tidak hilang karena kelalaian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x