Mohon tunggu...
Lesley Tehuayo
Lesley Tehuayo Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Pattimura Personal blog https://betaleste.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Mencegah Kerontokan Rambut Sejak Dini

14 Juli 2021   19:36 Diperbarui: 14 Juli 2021   20:27 62 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencegah Kerontokan Rambut Sejak Dini
Rambut rontok (pexels.com)

Banyak kaum hawa yang sering mengalami kerontokan. Rambut rontok memang menjadi masalah serius, jika sudah melebihi batas kerontokan normal. Rambut rontok yang berkepanjangan dapat mengakibatkan kebotakan. Hal ini membuat orang yang mengalami kerontokan rambut akan merasa cemas.

Ada dua penyebab utama kerontokan rambut yaitu penyakit dan perawatan rambut. Masalah kerontokan rambut dari perawatan rambut disebabkan karena perawatan rambut yang tidak baik. Beberapa contoh kesalahan perawatan rambut yaitu, salah memilih sampo, menyisir rambut dalam keadaan basah, menyisir rambut secara paksa, dan terlalu sering mencatok rambut.

Kesalahan pertama yaitu, kesalahan memilih sampo. Ketika memilih sampo, sebaiknya kita selektif. Setiap sampo dibuat sesuai kebutuhan rambut. Pastikan kamu menggunakan sampo yang tepat. Sampo yang kamu gunakan, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan rambutmu.

Kesalahan kedua yaitu, menyisir rambut dalam keadaan basah. Rambut yang baru dicuci dan masih dalam keadaan basah rentan rontok. Hal ini karena kondisi akar rambut yang lemah saat basah. Untuk mencegah rambut rontok, sebaiknya tunggu rambutmu kering terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat menyisir rambutmu.

Kesalahan ketiga yaitu, menyisir rambut secara paksa. Terkadang rambut kita menjadi kusut. Apalagi saat bangun tidur atau menggerai rambut saat naik motor. Rambut yang kusut tidak boleh langsung disisir. Menyisir rambut kusut secara paksa dapat mengakibatkan rambut rontok bertambah banyak. Selain itu, kulit kepalamu akan terasa sakit. Sebaiknya, kamu menyisir dan memisahkan rambut yang tersimpul dengan tangan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kamu menyisir rambutmu.

Kesalahan yang keempat yaitu, terlalu sering mencatok rambut. Rambut yang sering terkena panas terus-menerus dapat mengakibatkan rambutmu rusak, putus, hingga rontok. Apalagi tanpa perawatan secara berkala. Sebaiknya, rambut yang dicatok harus selalu dirawat. Misalnya memakai vitamin rambut atau di-creambath.

Selain beberapa penyebab di atas, stres juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Stress dapat membuat bagian rambut yaitu folikel rambut "beristirahat". Folikel rambut sendiri adalah kantong kelenjar kecil dan sempit yang memproduksi hormon pertumbuhan pada rambut. Hal ini mengakibatkan tidak adanya kerja yang mendorong pertumbuhan rambut. Folikel rambut yang "beristirahat" tersebut membuat  pertumbuhan rambut baru terhambat. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari stres.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN