Mohon tunggu...
Leo Rulino
Leo Rulino Mohon Tunggu... Dosen

Personal Blog: www.leorulino.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

5 Jurusan Kuliah untuk Para Gamers di Indonesia

1 Juli 2019   16:00 Diperbarui: 1 Juli 2019   16:11 688 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Jurusan Kuliah untuk Para Gamers di Indonesia
Foto oleh Jamie McInall - pexels.com

Kamu hobi main game? Atau pengen kuliah tapi gak mau jauh sama dunia game? Jangan takut! Karena ternyata beberapa instansi pendidikan di Indonesia sudah menyediakan jurusan/program studi yang relevan dengan dunia games loh.

Diatas adalah salah satu penggalan di postingan instagram @ristekdikti milik Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Postingan 12 Juni 2019 itu memberikan informasi tentang berbagai jurusan dan program studi bagi penggemar game di Indonesia.

Berikut adalah jurusan kuliah untuk gamers di Indonesia menurut @ristekdikti:

Jurusan Teknologi Game

Mahasiswa jurusan Teknologi Game akan dibekali dengan empat kemampuan dasar yang dapat mendukung tumbuh kembang industri game yaitu kemampuan teknis, kemampuan desain, kemampuan sosial dan komunikasi, dan kemampuan bisnis untuk berwirausaha di bidang industri game.

Setelah lulus, mahasiswa teknologi game diharapkan memiliki kemampuan teknis seperti:

  1. Merancang dan membuat game
  2. Menguasai pemrograman komputer khususnya yang berhubungan dengan game
  3. Memiliki kemampuan grafik dan audio.
  4. Menguasai library dan tools dengan konsep yang kuat bisa menghasilkan kemampuan untuk membuat game platform dan game engine yang banyak dibutuhkan untuk memasukkan konten-konten lokal.

Gamers yang tertarik merancang dan membuat game bisa mengambil jurusan kuliah ini di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Jurusan Teknik dan Rekayasa Perangkat Lunak

Sama seperti jurusan Teknologi Game, Jurusan Teknik dan Rekayasa Perangkat Lunak juga diperuntukan bagi gamers yang tertarik membuat game-nya sendiri. Namun jurusan ini lebih meluas daripada jurusan sebelumnya. 

Pada jurusan teknik dan rekayasa perangkat lunak, proses pembelajaran mahasiswa difokuskan pada pembangunan perangkat lunak, dan akhirnya diarahkan agar dapat membuat aplikasi-aplikasi seperti aplikasi berbasis web, aplikasi mobile, game, spesific domain, dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x