Mohon tunggu...
Leonides AlfinoTrisandena
Leonides AlfinoTrisandena Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa FISIP UAJY

Masih Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengenal Perbedaan Jurnalisme Online dan Jurnaslime Multimedia di Dalam Masyarakat

20 September 2021   03:00 Diperbarui: 20 September 2021   03:04 40 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Perbedaan Jurnalisme Online dan Jurnaslime Multimedia di Dalam Masyarakat
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Internet menjadi salah satu hal yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat saat ini, apalagi kalau khususnya berbicara tentang informasi. Dengan hadirnya internet dalam kehidupan membuat kita mampu mengakses informasi yang ada diseluruh belahan dunia dengan cepat. Dengan adanya internet kita bisa mendapatkan informasi yang kita inginkan dalam berbagai bentuk hal, baik sebagai teks lisan, gambar, maupun dalam sebuah video.

Tapi apakah kalian tau darimana kita dapat menemukan informasi seperti itu?

Yap, tentunya dari sebuah jurnalime. Seperti yang telah kita ketahui, jurnalisme bisa dikatakan sebagai sebuah aktivitas mencari sebuah informasi mengenai suatu peristiwa, yang di mana informasi tersebut didapatkan, dikemas kemudian disebarluaskan kepada publik.

Tapi apakah kalian mengetahui bahwa terdapat dua jenis jurnalisme, yaitu jurnalisme online dan jurnalisme multimedia? Yap, meskipun sama-sama jurnalisme tapi ada perbedaan diantara keduanya. Yuk simak penjelsasan mengenai kedua jurnalime tersebut.

Mengenal Jurnalisme Online

Jurnalisme online adalah sebuah aktivitas jurnalistik yang dilakukan secara online dengan berbasis sebuah jaringan internet. Jurnalisme kontekstual sebagai sebutan lain dari jurnalisme online menggabungkan tiga fitur komunikasi didalamnya yang dimana hal itu adalah ruang digital, kualitas interaktif, dan berbagai fitur ( Pavilik dalam Widodo, 2019, hl. 21).

Berdasarkan pernyataan Mark Deuze (dalam Widodo, 2020), dalam jurnalisme online terdapat empat jenis didalamnya, yakni sebagai berikut :

  • Mainstream News Sites

Merupakan bentuk media berita online yang penyebarannya paling tersebar luas dan tingkat partisipasi komunikasi yang terjadi dalam situs ini cenderung tertutup. Mainstream News sites bisa dikatakan sebagai bentuk media berita online yang paling sering digunakan oleh para pengguna internet.

  • Index and Category Sites

Merupakan situs yang dimana isinya ditawarkan tautan ke situs berita yang ada pada World Wide Web, dan juga lebih memberikan wadah bagi publik untuk membagikan informasi, tips dan tricks, memberikan komentar, ataupun link.

  • Meta & Comment sites

Situs yang memiliki fungsi untuk mengawas media-media mainstream, karena pada dasarnya mencakup tentang media media berita dan isu yang ada pada media secara umum.

  • Share & Discussion sites

Situs yang pada dasarnya memberikan ruang bagi publik memanfaatkan internet sebagai sarana bagi publik dalam bertukar ide dan cerita serta diskusi.

Mengenal Jurnalisme Multimedia

Jurnalisme multimedia merupakan jurnalime yang menggunakan kombinasi antara teks, video, audio, foto, grafik, dan interaktivitas yang ada pada Web yang nantinya dipadukan dengan penggunaan sebuah jaringan digital, perangkat keras maupun perangkat lunak, atau pada suatu platform untuk membuat sebuah informasi yang dimana nantinya akan dipublikasikan kepada masyarakat. Dengan hadirnya jurnalisme multimedia diharapkan menyajikan informasi yang jauh lebih menarik dibandingkan dengan jurnalisme online karena pada dasarnya informasi yang ada pada jurnalisme multimedia disampaikan secara langsung melalui sebuah audio, teks, maupun video sekaligus.

SUMBER

Widodo, Y. (2020). Jurnalisme Multimedia. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan