Mohon tunggu...
Leonardo IvanBudiman
Leonardo IvanBudiman Mohon Tunggu... Lainnya - Murid SMA

anak sma lagi sekolah dan pria

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Tugas BI: Observasi

19 Agustus 2020   15:44 Diperbarui: 19 Agustus 2020   15:39 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Ikan koi, Mengapa ikan koi? Ikan koi itu dipelihara oleh orang di seluruh dunia karena warna mereka yang menarik. Ikan koi itu berasal dari jepang. Bagi yang memelihara ikan koi pasti tau semahal apa ikan koi itu. Tergantung harganya ikan koi bisa dari ratusan ribu rupiah sampai ratusan juta rupiah.

Ikan koi yang aku observasi itu punya saya. Saya memelihara ikan koi karen itu hewan hias, maksudnya ikan koi digunakan sebagai dekorasi rumah. Ikan koi saya lumayan besar, saat dibeli kurang lebih 300rb rupiah tetapi jika sekarang di jual ukurannya bisa sampai jutaan.

Ikan koi saya besarnya cepat karena pelet yang dikasih itu untuk mempercepat pertumbuhan.

Jumlah ikan koi saya berkurang beberapa bulan yang lalu karena papi saya lupa berhentikan pembuangan air. Saat peristiwa itu saya dan papi saya memindahkan ikan koinya ke baskom supaya stress yang dialami berkurang. Ikan koi yang mati itu salah satu yang paling besar saya punya. Saat dikembalikan ke kolam ikan koinya butuh beberapa waktu untuk tenang tapi akhirnya tenang.

Perlakuan setiap harinya ikan koi itu tidak terlalu beda dengan ikan lain. Ikan koi ku sudah jinak tetapi itu jika siapa saja di keluarga saya kecuali saya memberi makan. Saya tidak tau kenapa tetapi setiap kali saya mendekat kolam semua Ikan koi takut. Ikan koi ternyata bisa lompat, aku mengetahui hal ini karena ikan koi ku pernah lompat dan keluar dari kolam kejadiannya tertangkap di cctv.

Kesimpulannya, setelah mengobservasi Ikan koi untuk beberapa waktu ternyata ikan koi bukan hanya ikan hias yang dipajang. Mereka itu unik, seperti mereka semua tidak takut dengan anggota keluarga aku yang lain tetapi takut sama aku. Aku mengetahui ikan koi bisa lompat karena terekam di cctv ikan koinya lompat. Dan ini bukan hanya untuk ikan koi tapi semua hewan peliharaan mereka jika stress kemungkinannya untuk mati meningkat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun