Mohon tunggu...
Leonardo De Chanell
Leonardo De Chanell Mohon Tunggu... Mahasiswa S1 Hospitaliti dan Pariwisata Angkatan 2017

Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud Program Transfer Kredit Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan Burapha Business School, Program Studi S1 Hospitaliti dan Pariwisata Angkatan 2017.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Tips Hilangkan Kebiasaan Overthinking!

23 Maret 2021   14:42 Diperbarui: 23 Maret 2021   15:28 144 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Hilangkan Kebiasaan Overthinking!
Sumber: Unsplash

Overthink belakangan ini sudah menjadi kebiasaan yang menjamur bagi sebagian orang, terlebih lagi seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman.

Overthink menurut Oxford Dictionary:

"think about (something) too much or for too long."

Atau keadaan dimana kita menghabiskan waktu lebih lama dari biasanya untuk memikirkan atau menganalisa sebuah masalah atau situasi.

Penyebab dari overthink sendiri biasanya adalah pertanyaan-pertanyaan sehari-hari yang terkadang menjadi sebuah pemikiran semalam suntuk dan menjalar kemana-mana mulai dari pertanyaan filosofis seperti "mana yang lebih dulu, telur atau ayam?" hingga hal-hal seputar romansa seperti "kenapa chat-ku belum dibalas?"

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kebiasaan overthinking kamu!

1. Berteman dengan orang yang tepat

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash
Pernahkah kamu merasa insecure atau terlalu memikirkan kata orang saat bergaul dengan seseorang? Seperti apakah kamu cukup baik atau pantas berteman dengan mereka? atau mungkin terkadang berteman dengan orang-orang yang tidak sejalan gengsinya? Bahkan terkadang ketika pergi dengan beberapa teman, kamu bingung harus memakai baju seperti apa dan bagaimana harus bersikap.

Memilih circle pertemanan yang tepat dapat mengurangi beban pikiranmu dan tentunya menghindarkan kamu dari kebiasaan overthinking. Ketika kamu bersama dengan orang-orang yang tepat dan klop dengan kamu, tentunya akan jarang sekali bikin kamu kepikiran ketika sedang hangout dan kamu akan merasa lebih "go with the flow"! Carilah lingkaran pertemanan yang sesuai dengan kamu, dimana kamu bisa menjadi dirimu sendiri tanpa membebani pikiranmu! Karena tidak jarang overthinking berakar dari kehidupan sosial yang kurang cocok denganmu tapi kamu paksakan!

2. Kurangi bermain ponsel sebelum tidur

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash
Yang satu ini cocok untuk kamu yang suka sekali bermain ponsel sebelum tidur entah itu untuk chatting dengan teman ataupun hanya sekedar scrolling sosial media. Seringkali overthinking dipicu oleh hal-hal yang muncul dari kebiasaan ini. Mulai dari pertanyaan-pertanyaan aneh bin ajaib yang tiba-tiba mengganjal pikiranmu sehingga membuatmu tidak bisa tidur, sampai kebingungan karena chat kamu tidak dibalas gebetanmu sampai-sampai kamu kepikiran sendiri ada salah ngomong apa padahal kenyataannya dia ketiduran! Mengurangi waktu bermain ponsel bisa meminimalisir munculnya pertanyaan-pertanyaan atau masalah yang bisa bikin kamu overthinking dan memberikan mata juga otakmu istirahat!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x