Mohon tunggu...
Leonardo CleversonMarbun
Leonardo CleversonMarbun Mohon Tunggu... Akun KKN

Mahasiswa Undip angkatan 2017

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kaizen Lifestyle, Gaya Hidup Baru di Tengah Pandemi

25 Januari 2021   10:43 Diperbarui: 25 Januari 2021   11:00 44 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kaizen Lifestyle, Gaya Hidup Baru di Tengah Pandemi
dok. pribadi

Tangerang, (25/01/2021) Leonardo Cleverson Marbun, peserta KKN Undip Tim 1 Periode 2020/2021 yang melakukan KKN Mandiri di Kelurahan Cipondoh Indah sebagai salah satu progamnya Kaizen Lifestyle, panduan gaya hidup sesuai Filosofi Kaizen di era pandemi. Kegiatan ini dilakukan selama masa KKN berlangsung, dimulai ketika minggu kedua, sekitar tanggal 11 Januari 2021.

Selama pandemi, masyarakat mengalami banyak perubahan gaya hidup terutama buruh, siswa, dan mahasiswa. Minimnya sosialisasi dan suasana rumah yang monoton membuat banyak orang menjadi tidak sehat dalam menjalani kehidupan di era pandemi baik secara jasmani maupun rohani. Kaizen sendiri berasal dari bahasa jepang yaitu kai artinya perubahan dan zen artinya baik. Filsafat kaizen berpandangan bahwa hidup kita hendaknya fokus pada upaya perbaikan terus-menerus.

“Wah boleh dicoba ini, saya sendiri baru kali ini denger ada istilah Kaizen. Ini sangat cocok diterapkan di kehidupan sehari-hari, terutama saat pandemi seperti ini,” tutur pak Antoro, selaku ketua RT19/06 yang menjadi salah satu warga dalam penyuluhan Kaizen Lifestyle.

Penyuluhan program Kaizen Lifestyle ini dilakukan baik secara tatap muka sesuai protokol kesehatan dan virtual meeting melalui media Zoom. Terdapat pula poster-poster serta buku kecil panduan dalam menerapkan Kaizen Lifestyle dikehidupan sehari-hari.

dok. pribadi
dok. pribadi
Diharapakan dengan adanya program ini, masyarakat dapat semakin sehat dan selalu berkembang baik secara jasmani maupun rohani khususnya di era pandemi covid-19

VIDEO PILIHAN