Mohon tunggu...
Leonard Davinci
Leonard Davinci Mohon Tunggu... Ketika Aku Menulis Maka Aku Ada

Maumere - Flores - Nusa Tenggara Timur (NTT)

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Narkoba Dapat Membunuh Generasi Muda Penerus Bangsa

7 Desember 2020   19:14 Diperbarui: 7 Desember 2020   19:42 114 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Narkoba Dapat Membunuh Generasi Muda Penerus Bangsa
Sumber: keluargakembangcahaya.blogspot.co.id 

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan obat-obatan terlarang. Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, definisi narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Definisi psitropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku.

Sedangkan definisi obat-obatan terlarang adalah bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang dapat dipakai sebagai pengganti morfin atau kokain yang dapat mengganggu sistem saraf pusat.

Berdasarkan definisi-definisi tersebut dan juga penjelasan umum UU Narkotika, sebenarnya narkotika, psikotropika dan obat-obatan terlarang lainnya dapat sangat bermanfaat dan diperlukan untuk pengobatan penyakit tertentu.

Akan tetapi, apabila disalahgunakan atau digunakan tidak sesuai dengan standar pengobatan, maka dapat menimbulkan akibat yang sangat merugikan masyarakat. Selain dalam bentuk penyalahgunaan yang sangat masif dari berbagai kalangan, ada pula peredaran gelap dengan berbagai modus operandi yang juga melibatkan berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai pada orang dewasa.

Salah satu kalangan masyarakat yang sangat rentan terpengaruh narkoba adalah anak-anak dan para remaja sebagai generasi muda penerus bangsa.

Anak-anak dan para remaja, baik yang menempuh pendidikan formal mulai dari tingkat sekolah dasar sampai pada perguruan tinggi, maupun yang tidak menempuh pendidikan, memang sangat rentan terpengaruh bahaya narkoba.

Secara psikologis, anak-anak dan remaja pada dasarnya memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Dengan usia yang masih belia disertai mental dan emosi yang masih labil, menyebabkan mereka pun sangat mudah terjerumus ke dalam kubangan nista ini.

Belum lagi faktor keluarga dan lingkungan yang kurang mendukung perkembangan karier anak, ditambah dengan kecanggihan teknologi informasi serta pergaulan yang semakin bebas, menjadikan mereka sangat mudah menggunakan narkoba.

Permasalahan narkoba merupakan musuh kita bersama, musuh dunia internasional, layaknya permasalahan terorisme. Permasalahan narkoba telah membuat seluruh negara di dunia khawatir dan resah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x