Mohon tunggu...
Leon Bhagawanta Cahyono
Leon Bhagawanta Cahyono Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis Sepakbola

Penulis olahraga khususnya sepakbola dan badminton

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Bayern Munchen Menuju Raja Eropa

30 Agustus 2023   14:50 Diperbarui: 31 Agustus 2023   10:15 549
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: (Kiri ke kanan) kiper Jerman Leipzig Janis Blaswich, penyerang Bayern Muenchen Harry Kane, dan bek Leipzig Mohamed Simakan berebut bola pada pertandingan sepak bola Piala Super Jerman Bayern vs Leipzig di Muenchen pada Minggu 13 Agustus 2023 dini hari WIB.(AFP/CHRISTOF STACHE via kompas.com)

Bayern Munchen di musim 2023/24 ini mengawali kompetisi Bundesliga dengan cukup meyakinkan. Tim asal Bavaria ini menunjukkan performa dominan saat berhadapan dengan Werder Bremen dan Augsburg. 

Kedua lawan ini memang bukan lawan yang kuat namun melihat pemain yang ada di skuad Bayern Munchen, bukan tidak mungkin kita akan melihat sesuatu yang sangat menarik dari Bayern baik di kompetisi liga maupun di kompetisi Eropa.

Start Tidak Meyakinkan

Pada bulan Maret 2023 lalu, Bayern Munchen memecat pelatih mereka yaitu Julian Nagelsmann dan menggantinya dengan sosok pelatih yang lebih berpengalaman yang juga dipecat oleh Chelsea beberapa bulan sebelumnya yaitu Thomas Tuchel

Tuchel sendiri menggantikan Nagelsmann menjelang laga klasik melawan rival mereka yaitu Borussia Dortmund. Laga perdana Tuchel sebagai pelatih memang cukup bagus dengan sukses menundukkan Dortmund dengan skor 4-2. Namun, setelah itu perjalanan Tuchel bersama Bayern berjalan sangat terjal. 

Mereka harus tersingkir di ajang DFB Pokal setelah ditaklukan Freiburg di babak perempat final. Derita itu pun berlanjut di kompetisi Eropa di mana tim satu ini disingkirkan oleh Manchester City dengan agregat yang besar yaitu 4-1.

Jalan terjal pun berlanjut di kompetisi Bundesliga. Sejak mengambil alih pada pekan ke-26, Bayern menderita 2 kekalahan di Bundesliga. Total Tuchel sudah menderita 4 kekalahan dalam 12 laga di semua kompetisi. 

Rekor ini jelas tidak sebaik rekor Nagelsmann yang hanya menelan 3 kekalahan di semua ajang dalam total 37 laga di musim 2022/23.

Untungnya, Bayern tetap mampu merengkuh trofi Bundesliga setelah Borussia Dortmund tergelincir di laga terakhir sehingga Bayern pun menjadi juara dengan selisih gol yang lebih baik dari sang rival.

Pada awal musim 2023/24 ini pun, Bayern tidak mengawali musim dengan meyakinkan. Tim dengan warna utama merah ini harus ditundukkan oleh RB Leipzig di ajang Piala Super Jerman dengan skor telak 3-0.

Transfer Tepat Sasaran Munchen

Problem yang dialami Bayern sejak musim lalu adalah ketiadaan penyerang yang konsisten untuk memimpin lini depan Bayern Munchen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun