Mohon tunggu...
Leo Alexander Tambunan
Leo Alexander Tambunan Mohon Tunggu... Dosen Universitas Matana Tangerang

Menjadi Pembina Kemahasiswaan 16 tahun di berbagai universitas di Indonesia, dan sekarang menjadi Dosen di Universitas Matana Gading Serpong, Tangerang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Mulai Bisnis Perlu Pengalaman?

16 Juni 2019   09:25 Diperbarui: 16 Juni 2019   09:39 30 1 0 Mohon Tunggu...

Kalimat yang menjadi judul diatas, selalu bahan diskusi yang sangat menarik di kalangan orang-orang yang hendak mulai terjun di dalam dunia bisnis, pro dan kontra selalu menyertai pemahaman ini. 

Ada yang mengatakan bahwa memulai bisnis jangan menunggu ada pengalaman, kalau sudah memiliki tekad dan modal yang kuat maka langsung terjun ke dunia bisnis, karena pengalamana akan didapatkan di dalam proses perjalanan waktu ketika memulai bisnis. 

Ada lagi yang menyatakan bahwa memulai bisnis harus ada pengalaman karena tanpa adanya pengalaman maka dikuatirkan bisnis tersebut tidak akan lancar dan tidak akan membawa keberlanjutan, karena jika memiliki pengalaman maka segala resiko kerugian, jalinan networking, kemampuan mengelola bisnis akan dapat didapatkan jika memiliki pengalaman yang cukup di dalam berbisnis.

Sebelum membahas topik diatas, perlu menjadi bahan pertimbangan atau bahan renungan bagi kita yang mau terjun dalam dunia bisnis atau menjadi  seorang pebisnis adalah :

1.  Mengapa saya harus terjun didalam dunia bisnis?

2. Sudah siapkah saya menjadi seorang pebisnis  ?

3.  Apakah saya sudah mengenal lingkungan yang akan mendukung saya menjadi seorang pebisnis?

4. Apakah saya sudah menetapkan bisnis apa yang akan saya jalanin kedepan?

Pertanyaan yang sederhana diatas haruslah menjadi dasar kita sebelum kita memulai bisnis, jangan kita karena mempunyai ambisi ingin sukses dan memiliki emosi yang sangat tinggi sampai-sampai kita terjun dalam dunia bisnis tanpa memperhitungkan resiko yang terjadi jika kita mengalami kemunduran atau kebangkrutan, karena dalam bisnis selalu dinyatakan bahwa resiko merupakan hal  yang harus dipikirkan oleh seorang pebisnis.

Berbisnis berbicara tentang nilai Bisnis dan karakter bisnis, seorang pebisnis yang sukses adalah seorang yang memiliki nilai dan karakter yang baik didalam memulai bisnisnya, karena seorang pebisnis yang memiliki nilai Bisnis (Business Value). 

Business Value dari seorang wirausahawanan diciptakan melalui visi dan misi seorang pengusaha dalam menjawab mengapa saya harus terjun di dalam dunia bisnis dan menjawab pertanyaan untuk sudah siapkah saya menjadi seorang pebisnis? tanpa adanya nilai bisnis (Business Value) maka mustahil seseorang akan sukses dalam dunia bisnis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN