Mohon tunggu...
Leni Nurindah
Leni Nurindah Mohon Tunggu... Guru - Guru-IRT-Penulis-Pebisnis Online

Menjadi cerdas dan berkarakter adalah tujuan utama sebuah pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Wacana Student Loan di Indonesia: Solusi atau Ancaman bagi Generasi Muda?

30 Mei 2024   16:50 Diperbarui: 30 Mei 2024   16:53 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wacana Student Loan di Indonesia: Solusi atau Ancaman bagi Generasi Muda? (Sumber: Canva.com)

Pendidikan adalah salah satu elemen penting dalam pembangunan suatu negara. Di Indonesia, kebutuhan akan pendidikan tinggi semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman dan persaingan global. Namun, biaya pendidikan tinggi yang semakin mahal menjadi hambatan bagi banyak keluarga. Untuk mengatasi masalah ini, wacana pemberlakuan student loan atau pinjaman pendidikan mulai muncul sebagai salah satu solusi. Namun, wacana ini juga memunculkan berbagai pro dan kontra yang perlu dikaji lebih dalam.

Apa Itu Student Loan?

Student loan adalah pinjaman yang diberikan kepada mahasiswa untuk membiayai pendidikan tinggi mereka. Pinjaman ini biasanya mencakup biaya kuliah, buku, dan biaya hidup selama masa studi. Di banyak negara, seperti Amerika Serikat, student loan sudah menjadi bagian integral dari sistem pendidikan. Di Indonesia, konsep ini masih relatif baru dan sedang dalam tahap pembahasan.

 

Manfaat Student Loan

1. Akses yang Lebih Luas ke Pendidikan Tinggi


Student loan dapat membantu siswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tanpa harus terbebani biaya yang besar di awal.

2. Investasi Jangka Panjang

Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dengan adanya pinjaman pendidikan, lebih banyak orang bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan berpotensi meningkatkan penghasilan di masa depan.

3. Peningkatan Kualitas SDM

Dengan lebih banyak orang yang bisa mengakses pendidikan tinggi, kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia dapat meningkat, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada perekonomian negara.

Risiko dan Tantangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun