Mohon tunggu...
Leni Marlin Lase
Leni Marlin Lase Mohon Tunggu... Freelancer - ibu bekerja yang ingin terus belajar

bisa dijumpai juga di lenimarlins@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary

Belajar dari Internet

13 Juli 2022   15:30 Diperbarui: 13 Juli 2022   15:34 30 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by picjumbo.com: https://www.pexels.com/photo/person-using-laptop-computer-during-daytime-196655/ 

Betapa beruntungnya kita hidup pada zaman sekarang, khususnya bagi yang haus dengan ilmu pengetahuan. Ada banyak sekali sumber ilmu pengetahuan yang bisa dieksplorasi hanya berbekal jaringan internet dan perangkat mobile. Kita tidak perlu repot ke mana-mana untuk belajar suatu keahlian, cukup duduk santai di depan layar dan mengamati video yang menjelaskan tentang hal itu di YouTube.

Ingin menambah wawasan dengan berita-berita terupdate? Pantau saja situs-situs berita online yang dengan sigap melaporkan peristiwa terkini. Kita juga dapat mengembangkan diri melalui diskusi-diskusi online yang banyak diselenggarakan, baik individu maupun lembaga. Intinya, apa pun yang dibutuhkan untuk belajar, semua ditawarkan oleh internet dengan mudah.

Bandingkan pada zaman dahulu. Bagi mahasiswa yang menggarap skripsi pasti cukup merasa kesulitan mencari bahan dan materi terkait. Keterhubungan di dunia maya kini memudahkan semua itu. Bahkan, kita bisa membaca buku langsung dari perpustakaan online tanpa harus datang secara fisik ke gedung perpustakaan. Hasil penelitian juga bisa didapatkan dan dibaca dengan mudah lewat internet. Asal kita mengetahui di mana tempat mencarinya dan bagaimana caranya, niscaya tidak akan bingung lagi dalam mengerjakan tugas maupun tugas akhir. 

Saya sendiri banyak belajar dari internet. Caranya sederhana, rajin memantau thread di Twitter yang mengisahkan keberhasilan mereka mempelajari sesuatu. Dalam thread itu, bukan hanya tips belajar yang efektif, ada pula saran dan daftar website yang bisa kita kunjungi untuk belajar lebih lanjut. Ada yang bisa diakses secara gratis, ada pula yang berbayar. Semua itu tergantung pada pilihan masing-masing. 

Hal yang perlu dimiliki jika ingin memanfaatkan internet untuk belajar adalah kesediaan membuka diri. Kita membuka diri terhadap hal-hal baru yang sebelumnya tidak terpikirkan. Terkungkung dalam paradigma lama akan menghambat proses pembelajaran itu sendiri. Melalui cara pandang yang baru, kita akan lebih kaya hati dan bijaksana.

Belajar kini lebih mudah dengan IndiHome sebagai solusi Internetnya Indonesia. Layanan dari Telkom Indonesia ini mengoptimalkan manfaat internet, khususnya untuk kebutuhan belajar bagi siapa pun yang mau. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan