Mohon tunggu...
Lendy Kurnia Reny
Lendy Kurnia Reny Mohon Tunggu... Blogger

Blogger dan content creator. Kindly visit ma blog : https://www.lendyagasshi.com

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Saling Memaafkan, Itu Lebih Baik

23 Mei 2020   00:02 Diperbarui: 23 Mei 2020   00:01 8 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saling Memaafkan, Itu Lebih Baik
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Bismillah,

Pagi ini, saya mendapatkan wa dari Mama mertua. Beliau meminta tolong untuk dibuatkan ucapan Selamat Idul Fitri yang mengandung doa, bukan hanya sekedar ucapan "Mohon maaf lahir dan batin" semata. Setelah saya bikinkan 3 desain yang bisa Mama Papa pilih, alhamdulillah, Mama-Papa suka. Pilihan terakhir mau dipakai yang mana, saya serahkan sama Papa Mama.

Makna Ucapan Maaf

Di masa pandemi begini, saling berkunjung ke rumah saudara tidak diijinkan. Saling berkumpul bersama tetangga pun, dilarang. Apakah akan semudah itu? Let's we'll try and do our best. Kalau ingin pandemi ini segera berakhir, ayok...sama-sama kita lakukan physical distancing dan jalani semua protokol kebersihan yang sudah diarahkan pemerintah.

Makna ucapan maaf di hari nan fitri bisa jadi hanya formalitas biasa, karena sesungguhnya, ucapan maaf yang baik adalah segera setelah melakukan kesalahan. Apalagi meminta maaf kepada orangtua dan mertua. Ada masa ketika orangtua menjadi sangat sensitif atas perilaku anaknya sehingga menggoreskan luka. Saat itu juga idealnya kita meminta maaf. Seorang adik kepada kakaknya, seorang istri kepada suami.

Apakah kehidupan ini penuh dengan hierarki?

Tidak juga, hanya meminta maaf lebih baik dilakukan oleh yang muda kepada yang tua atau yang lebih dihormati. Bagaimana bila yang tua bersalah? Ya, jangan malu untuk meminta maaf juga. Karena sesungguhnya maaf itu tidak hanya diucapkan oleh lisan, tapi juga dibuktikan melalui perbuatan, dengan cara tidak mengulanginya lagi. Itulah makna maaf yang sesungguhnya.

"Tetapi orang yang bersabar dan mema'afkan, sesungguhnya (perbuatan ) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.

(QS. Asy-Syura : 43)


Manfaat saling memaafkan :

  • Hati menjadi tenang
  • Terlepas dari beban dan penyakit hati
  • Menghilangkan salah satu penyebab stres
  • Kondisi kesehatan tubuh menjadi lebih baik

Pernah dengar gak..kalau orang yang memiliki beban (atas kemarahan yang dilakukan orang lain terhadap dirinya) bisa menimbulkan sakit fisik, salah satunya gerd?

Nah...gejala-gejala inilah yang mesti dihindari karena sebenarnya itu efek psikosomatik.

Cara yang paling mudah adalah dengan memaafkan kesalahan yang orang lain pernah perbuat dan mulai memperbanyak istighfar, mendekatkan diri kepada Allaah, sang pemilik hati manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN