Mohon tunggu...
Lely Suryani official
Lely Suryani official Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya terlahir dengan nama LELY SURYANI. Saat ini saya sebagai guru di SD N 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53475

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Gumelem, Desa Wisata yang Kaya Kearifan Lokal

12 November 2022   22:41 Diperbarui: 12 November 2022   23:05 340
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri
Dokpri

adira.id/e/fkl2022-blogger 

Gumelem, Desa Wisata Yang Kaya Kearifan Lokal

Dari sejarahnya, Gumelem merupakan wilayah perdikan atau kademangan di bawak kekuasaan Keraton Mataram. Sebagai bekas kekuasaan Keraton Mataram yang besar, berpengaruh pada kehidupan warganya. Dari sisi unggah - ungguh atau tata krama pergaulan  masih terjaga sangat baik. 

Keharmonisan hubungan antar warga, tergambar dari tata kehidupan warganya yang ayem tentrem loh jinawi. Ketenteraman ini, semakin terpancar dengan banyaknya tradisi kebudayaan yang juga masih diuri - uri oleh warga gumelem dengan kentalnya.  

Wilayah Gumelem  yang membentang luas, menembus pegunungan di bagian selatan,  berbatasan langsung dengan kabupaten Banyumas.  Saat ini, Gumelem terbagi menjadi dua desa yaitu desa Gumelem Wetan dan Desa Gumelem Kulon, merupakan desa wisata yang  kaya akan kearifan lokal. 

Terbaginya Gumelem menjadi dua desa yang masing - masing memiliki hak untuk mengatur wilayahnya  sendiri, tak membuat warganya terpecah belah atau berdiri dengan egonya sendiri. Untuk kegiatan - kegiatan tertentu, dari kedua desa ini mengusung kepentingan yang sama, atas nama Gumelem. 

Seperti yang dilansir dari berita Dinas Komunikasi dan Kominfo Kabupaten Banjarnegara, yang merupakan arsip berita yang ditayangkan pada tanggal 8 februari 2021, jam 20. 19, dengan judul Bupati dukung Pengembangan Desa Wisata Gumelem dinilai berpotensi Tinggi menjadi Wisata Andalan. dari sinilah kemudian mencuat nama  Gumelem  sebagai  Desa Wisata.  Penyebutan Gumelem sejatinya adalah desa Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon.

Banyak aset pendukung desa wisata yang menyebar di desa Gumelem Wetan maupun Gumelem Kulon, yang diakui menjadi milik bersama. Diantara aset - aset berharga tersebuta adalah :

1. Masjid Agung At Taqwa yang merupakan Peninggalan Walisongo. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun