Mohon tunggu...
Lely Suryani official
Lely Suryani official Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya terlahir dengan nama LELY SURYANI. Saat ini saya sebagai guru di SD N 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53475

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Parade Puisi Pahlawanku Teladanku

11 November 2022   14:10 Diperbarui: 11 November 2022   14:13 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SELAMAT HARI PAHLAWAN, "PAHLAWANKU TELADANKU".

Hari ini adalah tanggal 10 November 2022, bertepatan  dengan jatuhnya Hari Pahlawan yang setiap tahun diperingati.

Sesuai Surat dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Perihal Pedoman Peringatan Hari Pahlawan 2022, selain adanya tema hari pahlawan tahun 2022 yaitu "PAHLAWANKU TELADANKU, juga untuk segera ditindak lanjuti oleh seluruh Instansi Pemerintah, Non Pemerintah, TNI/POLRI,  Lembaga Pendidikan seluruh Komponen Masyarakat Indonesia agar mengibarkan Bendera Merah Putih satu tiang penuh pada tanggal 10 November 2022.  Selain itu, supaya mengheningkan cipta serentak selama 60 detik yang dimulai pukul 08.15 WIB.

Di sekolah kami SD Negeri 1 Gumelem Kulon, setelah kedua point panduan seperti pada pokok surat dapat dilaksanakan, dan menghenibgkan cipta bersama, dipimpin oleh Kepala Sekolah, Bapak Suyono, S.Pd. Selesainya mengheningkan cipta bersama, tidak serta merta bubar jalan begitu saja. Setelah seluruh keluarga besar SD Negeri 1 Gumelem Kulon mengheningkan cipta bersama - sama di halaman sekolah, anak - anak  arahkan untuk mencari tempat yang nyaman untuk melanjutkan kegiatan. Kegiatan yang kami usung adalah PARADE PUISI PAHLAWANKU TELADANKU.

Untuk parade puisi dalam rangka hari Pahlawan ini, anak - anak secara bergantian membacakan puisi dengan  tema Ayah Pahlawanku.  Satu persatu anak - anak naik ke panggung sederhana yang telah disiapkan. Batak ragam gaya ditampilkan oleh anak - anak yang membuat decak kagum dan tepuk tangan pun bergemuruh.

Dari parade puisi in, sudah terlihat bakat  dan minat anak - anak. Dari setiap kelasnya, juga  terlihat siapa saja yang memenuhi kriteria minimal. Para peserta terbaik ini akan unjuk kebolehan lagi guna diikutkan pada lomba baca puisi yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan lain.

Dan yang lebih  ditekankan pada parade puisi ini adalah terbentuknya karakter Profil Pancasila, khususnya dimensi Disamping itu, dengan berpakaian batik bebas, sebagai bentuk dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Kearifan Lokal. Mengingat desa kami adala sentra Batik Gumelem.

Ada tindak lanjut dari  kegiatan Parade Puisi dalam rangka menyemarakkan Hari Pahlawan, juga untuk mengapresiasi atas semangat dan bakat serta minat siswa. Selain itu untuk meningkatkan performa peserta didik, dari peserta terbaik di kelasnya akan mengadakan performance kembali dan akan menghiasa akun Youtube SD Negeri 1 Gumekem Kulon.

Segera kami kirimkan pemberitahuan lewat grup sekolah yaitu seperti di bawah ini :

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun