Mohon tunggu...
Lely Suryani official
Lely Suryani official Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya terlahir dengan nama LELY SURYANI. Saat ini saya sebagai guru di SD N 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53475

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tetap Produktif di Hari Minggu bersama Keluargaku

27 September 2022   06:08 Diperbarui: 27 September 2022   06:44 108 12 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tetap Produktif Di Hari Minggu Bersama Keluargaku

Hari minggu adalah hari yang sangat ditunggu - tunggu oleh sebagian orang. Karena di hari libur tersebut, bayaka agenda di luar rutinitas pekerjaan yang mengikat. Sebagian orang lagi menunggu hari minggu ingin berhenti total dari berkegiatan, ingin santai, ingin rebahan. Banyak diantaranya menghabiskan waktu untuk sendiri, banyak juga yang menikmati hari libur bersama keluarga tercinta.

Demikian juga saya yang menentukan hari libur ini, untuk tidak kemana - mana, tetap di rumah saja. Bukan berarti tidak kemana- mana ini tidak adanya  agenda kegiatan apa -apa. Justru karena ada beberapa agenda yang mesti diselesaikan hari itu juga.Selain karena terburu deadline juga membiasakan diri berkegiatan, walau dilakukan dalam suasana santai.

Membiasakan diri untuk tetap produktif memang membutuhkan motivasi, baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik, bisa berupa kekuatan diri, semangat yang tak pernah kendur, juga keinginan untuk terus mengupgrade diri yang senantiasa datang mengajak jiwa dan raga untuk berpikir dan bergerak.

Perlu diketahui juga bahwa salah satu tips agar terhindar dari penyakit Alzheimer /pikun  adalah dengan tidak membiarkan otak tidak bekerja. Artinya dengan membuat otak selalu berputar / berfikir. Eh, ini saya baca dari artikel pilihannya bunda Rosalina. Pantas saja beliau masih segar, awet muda dan energik, karena beliau selalu aktif  di usia 80 an.

Selanjutnya, motivasi ekstrinsik yang paling diperlukan menurut saya adalah adanya dukungan dari keluarga, baik  suami maupun  anak- anak. Tanpa dukungan, pengertian dan juga motivasi dari mereka, tidak mungkin seorang ibu banyak berkegiatan.

Memang banyak dari  ibu - ibu atau istri - istri yang tidak banyak atau malah tidak berkegiatan karena alasan menurut pada suami. Its Oke, itu bagus juga dan sesuai tuntunan agama. Meski demikian, para suami hendaknya juga menyadari bahwa istrinya juga memiliki hak untuk menambah wawasan, untuk mengembangkan kemampuan dan kecerdasannya, passionnya.

Yang penting kegiatan ibu - ibu bernilai positif, tidak membuatnya gelap mata dengan keluyuran di setiap waktu. Para ibu harus memilih kegiatan yang tidak memerlukan banyak waktu untuk keluar rumah dan pekerjaan rumah menjadi terbengkalai

Nah terkait dengan pekerjaan ibu di rumah yang setiap saat tidak ada berhentinya, dengan dukungan dari anggota keluarga, pasti akan teratasi dengan baik. semua bahu membahu, saling membantu,saling menutup kekurangan masing - masing yang berujung pada keindahan dan keharmonisan keluarga. Di sinilah tempat tercurahnya  chamistri suami istri, chamistri orang tua dan anak - anaknya. 

Hari minggu menjadi hari bahagia, karena saling menguatkan dengan memberi bantuan, dan dukungan yang diperlukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan