Mohon tunggu...
Lely Suryani official
Lely Suryani official Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya terlahir dengan nama LELY SURYANI. Saat ini saya sebagai guru di SD N 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53475

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Keberhasilan Anak Bersekolah di Asrama, Peran Orangtua Tetap yang Utama

18 September 2022   04:09 Diperbarui: 18 September 2022   08:47 422 47 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Keberhasilan Anak Sekolah Di  Asrama, Peranan Orang Tua Tetap Yang Utama

Waktu yang dinanti - nantikan telah tiba..Dinantikan oleh sebagian besar santri dan santriwati untuk memasuki masa pembelajaran di kelas baru. Tak terkecuali oleh anakku Maitsa yang sejak lulus  dari Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas, sekitar 1 bulan libur, hanya mondok di rumah, di rumah mbah, di rumah Yayu Rina dan di rumah Yayu IA.

Sejak kemarin - kemarinnya, belum ada pemberitahuan apa - apa. Dan memang hari itu juga  tanggal 16 Juli 2022, seluruh santri pengabdian diwajibkan untuk memasuki pondok lagi. Namun bukan untuk menuntut ilmu untuk memperoleh ijazah kelulusan  lagi, tapi belajar untuk bisa berbagi ilmu sebagai bentuk pengabdian

Selama satu tahun kedepan, santriwan dan santriwati lulusan Pondok Tahfidz Miftahussalam Banyumas, wajib mengikuti masa pengabdian. Masa pengabdian ini adalah masa yang tepat untuk merasukkan ilmu yang telah diperolehnya, khususnya ilmu Tahfidzul Qur an ke dalam jiwa.

Bukan perkara yang mudah untuk  tetap bisa menjadi lulusan Tahfidz yang cemerlang, manakala tidak  bermurojaah secara istiqomah.Dan berkumpul dengan sesama penghafal Al Qur'an dan orang orang - orang yang sholih dan sholihah, diharapkan ilmu yang telah diraihnya bertahun - tahun dapat melekat kuat dalam jiwa raganya.

Jadi, masa pengabdian ini boleh dikata sebagai kawah Candradimukanya para penghafal Alqur an lulusan program Tahfidz pondok tersebut.  Sebelum mereka dipercaya untuk mengembara mengepakkan sayapnya menuju angkasa.

Saya, kami para orang tua dari santri pengabdian, tentunya sangat berharap anak - anak bisa amanah dalam menjalankan tugas pengabdian, penuh tanggung jawab dan dedikasi serta semangat yang tinggi sebagai alumni.

Selain itu harapan kami selanjutnya, semoga pihak pondok tidak segan  - segan untuk selalu membimbing, mengawasi sekaligus menegur anak - anak kami. Dengan berbagai peraturan yang ketat, diharapkan anak - anak sudah terbiasa hidup sesuai aturan dan tuntunan agama.

Namun demikian, peranan orang tua sangat diperlukan untuk pencapaian keberhasilan anak yang bersekolah di Asrama. Peran orang tua yang sangat dibutuhkan di sini adalah adanya komunikasi yang intensif dengan putra - putrinya di asrama.

Apapun atau sekecil apapun berita yang diterimanya dari pondok orang tua harus secepatnya merespon.Karena biasanya untuk masalah - masalah yang bersifat pribadi, pihak asrama tidak mengetahuinya.Jika hal ini dapat dilaksanakan oleh para orang tua, tentu permasalahan anak di Pondok tak kan berlarut - larut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan