Mohon tunggu...
Lely Suryani official
Lely Suryani official Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya terlahir dengan nama LELY SURYANI. Saat ini saya sebagai guru di SD N 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53475

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Seri Guru Merdeka Belajar, Awal Mulaku Mengenal Merdeka Belajar

3 September 2022   22:05 Diperbarui: 3 September 2022   22:24 852 32 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth


Seri Belajar Guru Merdeka Belajar 

Sebagai TAKE OFF

Menuju Peran Guru  Dalam Merdeka Belajar

Merdeka belajar pertama kali disampaikan oleh Menteri Pendidikan,  Kebudayaan, Riset dan Teknologi, bapak Nadiem Anwar Makarim, yaitu pada peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019. 

Pada waktu itu, beliau menyampaikan 2 hal penting yaitu merdeka belajar dan Guru Penggerak. pada pidato tersebut dikatakan bahwa makna merdeka belajar adalah sekolah, murid dan guru memiliki kebebasan untuk berinovasi, belajar dengan mandiri dan kreatif.

Merdeka Belajar  merupakan Prioritas dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang termasuk  Program Unggulan. Konsep merdeka belajar sendiri terdiri dari tiga komponen yaitu, komitmen terhadap tujuan, mandiri dalam menentukan pilihan cara belajar, dan melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar. Untuk mewujudkan program ini dibutuhkan guru yang merdeka belajar pula.

Untuk mengoptimalkan peran guru dalam Merdeka Belajar, jauh - jauh hari sebelum Kurikulum Merdeka diterapkan, telah dibuka SERI GURU MERDEKA BELAJAR  pada portal GURU BELAJAR DAN BERBAGI SIM PKB. Program ini mulai dibuka pendaftarannya pada tanggal 12 Oktober 2021, dan berakhir pendaftarannya pada tanggal 17 Desember 2021,. untuk 10 Angkatan . 

Demikian juga untuk pelaksanaan Binteknya, terdiri dari 10 Angkatan  yang dimulai pada tanggal 15 Oktober 2021 dan berakhir pada tanggal 23 Desember 2021. Dari masing - masing angkatan, pelaksanaan Bimtek adalah  selama 7 hari. Jadi selama 7 hari tersebut, peserta Bimtek harus menyelesaikan kewajibannya, kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengimbasan.

Dengan dibukanya program  tersebut,  membuka kesempatan yang selebar  - lebar nya dan seluas - luasnya kepada seluruh guru  Indonesia.  Artinya, dimanapun dan  di jenjang apapun seorang guru bertugas,  semua bisa mengakses portal Guru Belajar dan Berbagi di SIMPKB. Demikian juga tenaga administrasi sekolah, Tenaga Kependidikan lain yang sederajat, juga dapat mengikuti Bimtek ini.Yang terpenting telah memiliki Akun SIMPKB  dan terkoneksi dengan Dapodik, juga aktif sebagai anggota pada forum KKG. KKKS. MGMP dan MKKS, di wilayah kerja masing - masing. Dan saat ini, SIMPKB juga tertaut dengan  akun belajar. id, sehingga memudahkan aksesnya.

Pengalaman saya, Nama Lely Suryani, Tempat tugas di SDN 1 Gumelem Kulon, selama  mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi  SERI   GURU  MERDEKA BELAJAR, merupakan pengalaman yang tak terlupakan.  Karena dari seri belajar tersebut, saya  dapat mengerti dan  memahami  konsep merdeka Belajar sekaligus bisa mengadopsi  konten - konten pembelajaran yang menerapkan konsep merdeka belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan