Mohon tunggu...
Lely Nurahma
Lely Nurahma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa pendidikan manajemen

Hai ! Namaku Lely dari Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Ubah Sampah Menjadi Berkah

24 Juli 2021   20:41 Diperbarui: 24 Juli 2021   21:51 31 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KEMULAN- TUREN Sampah masih menjadi salah satu isu lingkungan yang menghantui masyarakat hingga saat ini. Berbagai upaya telah dilakukan oleh berbagai pihak dari jajaran pemerintah hingga masyarakat daerah demi mengurai permasalahan sampah. Sebenarnya ada tiga cara paling umum yang paling sering digunakan untuk mengatasi permasalahan ini, yaitu reduce atau mengurangi penggunaan sampah, reuse atau menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa digunakan, dan terakhir yaitu recycle atau mendaur ulang sampah.

Inilah yang dilakukan Mahasiswa KKN UM Desa Kemulan pada Rabu, 21 Juli 2021 sebagai upaya pelestarian lingkungan dengan cara memberikan pelatihan daur ulang sampah dan limbah, dengan mendatangkan narasumber Yeni Kristyowati dan Ima Nur Wahyuni dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang. Pelatihan yang diberikan berupa pembuatan sabun, lilin aroma terapi, tas fashion, bros, dan vas bunga yang berasal dari macam-macam sampah rumah tangga seperti minyak jelantah, plastik bekas makanan, dan lain sebagainya. 

Pelatihan ini mendapat respon positif dari Masyarakat Desa Kemulan mengingat bahan baku yang digunakan berasal dari barang-barang yang mudah ditemukan namun tetap memeberikan nilai guna baik dari segi materiil dan praktis.

Selain pelatihan pembuatan benda pakai dari barang bekas, Ibu Yeni dan Ibu Ima juga memperkenalkan manajemen bank sampah yang bisa dikelola dimasing-masing RT. Bank sampah ini akan menghimpun semua jenis sampah rumah tangga yang telah dipilah berdasarkan jenisnya, kemudian ditukar dengan sejumlah nominal. 

Hal ini tentunya membawa dampak positif bagi warga setempat, tak terkecuali Bapak Purna Wibawa selaku kepala desa setempat yang turut andil dalam menyukseskan program pelatihan ini. Beliau menuturkan melalui program ini masyarakat Desa Kemulan bisa merasakan dari segi ekonomis, warga desa juga secara tidak langsung menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan dengan pemilahan sampah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan