Mohon tunggu...
Lela Indriana
Lela Indriana Mohon Tunggu... Mahasiswa

PMM UMM

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mahasiswa UMM Melakukan Aksi Bersih-bersih Sampah di Sekitar Mata Air Sumber Taman Kabupaten Malang

16 September 2020   20:41 Diperbarui: 16 September 2020   20:58 11 0 0 Mohon Tunggu...

 

Air merupakan sumberdaya alam yang sangat penting bagi makhluk hidup di bumi khususnya manusia. Semua manusia pastinya membutuhkan air dalam kegiatan mereka sehari-hari. Daerah tangkapan air (Catchment Area) perlu dilakukan perawatan agar mata air tetap terjaga kelestariannya sehingga tidak terjadi kekeringan. 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam program Pengabdiam Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) gelombang 7 kelompok 79, melakukan kegiatan di kawasan mata air Sumber Taman. Kawasan mata air yang terletak di Dusun Krajan Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang, dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk keperluan sehari-hari mulai dari mandi, mencuci, hingga memasak.

Kawasan mata air Sumber Taman saat ini menjadi salah satu tujuan kunjungan wisata. Pengunjung yang mendatangi kawasan tersebut semakin hari semakin bertambah. Hal tersebut berdampak dengan pengunjung yang kurang menjaga kebersihan kawasan, sehingga banyaknya sampah pada kawasan tersebut mengakibatkan penurunan kualitas sumber mata air.

dokpri
dokpri
Permasalan tersebut yang mendorong PMM UMM kelompok 79 untuk melakukan kegiatan menjaga kualitas mata air Sumber Taman. 

"Kegiatan yang dilakukan berupa pemungutan sampah plastik yang tenggelam dan terapung di kawasan mata air, selain itu juga membersihan sampah-sampah yang terdapat di kawasan mata air Sumber Taman. Harapannya dengan kegiatan bersih-bersih dapat memberikan contoh kepada pengunjung yang datang agar lebih peduli terhadap lingkungan sumber mata air" ujar Aggra Saputra ketua kelompok 79. 

Kemudian sebagai salah satu upaya melestarikan mata air Sumber Taman, dalam kegiatan ini juga dilakukan pemasangan poster himbauan agar membuang sampah pada tempatnya yang diletakkan pada titik-titik tertentu.

VIDEO PILIHAN