Mohon tunggu...
Lee Yan
Lee Yan Mohon Tunggu... Relawan - Aktivis Hak Asasi Manusia dan Kesetaraan Gender, Serta Aktivis Penanggulangan HIV AIDS di Indonesia

Komunikasi, Informasi dan Edukasi yang Baik dan Benar akan memberikan dampak yang Positif untuk Seluruh Lapisan Masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penciptaan dan Gender Biner Berdasarkan Kitab Kejadian 1:27

21 Oktober 2021   21:56 Diperbarui: 21 Oktober 2021   22:09 109 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat Orang Kristen berpikir tentang Gender pasti mereka akan langsung merujuk di Kisah Penciptaan yaitu kitab Kejadian, salah satunya Kejadian 1:27 berbunyi demikian : Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya,  menurut gambar Allah  diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan  diciptakan-Nya mereka (LAI TB 1974).   dari Ayat ini kita tidak menemukan keberadaan Interseks ataupun Transgender

Lalu  apakah selain Laki laki dan Perempuan itu melawan Kodrat Ilahi, bagaimana dengan seseorang yang terlahir sebagai interseks ? Mari kita pelajari bersama sama dan bukalah pikiran kita. 

Kisah Penciptaan ini adalah sesuatu hal lebih kompleks dan indah, Misalnya Tuhan menciptakan Laki-laki dan Perempuan dalam kejadian Pasal 1 ini , kita bandingkan dengan setiap kalimat Penciptaan yang lain, Ingat bahwa Manusia di ciptakan pada hari ke-Enam, dimana sebelumnya Tuhan juga mencitakan berbagai hal. Apakah Anda memperhatikan kalimat kalimat berikut ini Saat penciptaan dari hari Pertama sampai hari ke enam :

1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama 

1:8 Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi,  itulah hari kedua.

1:10 Lalu Allah menamai  yang kering itu darat, dan kumpulan air  itu dinamai-Nya laut.  Allah melihat bahwa semuanya itu baik . 1:11 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah  demikian. 1:12 Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis  tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. 1:13 Jadilah petang dan jadilah pagi,  itulah hari ketiga.

1:16 Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar  untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam,  dan menjadikan juga bintang-bintang. 1:17 Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi, 1:18 dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.  1:19 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.

1:21 Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan   dalam air, dan segala jenis  burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.  1:22 Lalu Allah memberkati semuanya itu, firman-Nya: "Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dalam laut, dan hendaklah burung-burung di bumi   bertambah banyak." 1:23 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kelima.

 1:24 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis  makhluk  yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan jadilah demikian. 1:25 Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis   binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. 1:26 Berfirmanlah Allah: 

"Baiklah Kita menjadikan manusia     menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah  diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka:

"Beranakcuculah dan bertambah banyak ; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi. " 1:29 Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. 1:30 Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan