Mohon tunggu...
Ledi Deva Fernando
Ledi Deva Fernando Mohon Tunggu... Mahasiswa - Love Writing

A man who loves writing

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Konsep Modern Minimalis Untuk Interior Rumah

13 November 2021   10:05 Diperbarui: 13 November 2021   10:43 3793 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.apartmenttherapy.com/modern-vs-contemporary-vs-minimalist-design-261783

 

Apa sih itu yang dimaksud konsep minimalis modern untuk rumah ? Gaya interior minimalis adalah pendekatan desain dengan menghemat dekorasi dalam ruangan. Konsep minimalis modern mempunyai tujuan yaitu untuk mencapai suatu desain yang efektif juga efisien melalui desain yang sederhana. Penataan konsep yang mengutamakan dekorasi yang simple namun membuat ruangan terlihat lebih luas.

konsep minimalis selalu identik dengan penggunaan warna hitam, putih, atau abu-abu Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk menggunakan warna-warna lain.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam hunian modern minimalis.

  • Bentuk dan fungsi : Bentuk yang diaplikasikan ke dalam sebuah ruangan adalah bentuk yang tidak rumit. Karena fokus pada fungsi, desain yang dihasilkan memungkinkan terkesan monoton karena minimnya dekoratis dan bentuk yang cenderung kaku. Hal ini juga berkaitan dengan teori Form Follows Funcktion dimana bentuk mengikuti fungsi dari bangunan dan tetap menggunakan estetika. Hal yang didapatkan yaitu sirkulasi yang efektif.
  • Warna : konsep minimalis selalu identik dengan penggunaan warna hitam, putih, atau abu-abu Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk menggunakan warna-warna lain. Dengan penggunaan warna-warna ini, prinsip sederhana akan semakin kuat. Untuk menutupi kesan kaku dan monoton, pemilihan warna adalah jawaban untuk hal tersebut. Pemilihan warna yang cenderung lembut dan tidak mencolok. membuat ruangan tidak menonjolkan kesan kuno atau "katrok".
  • Pembagian ruangan : Lebih baik memilih partisi portable yang mudah di pindahkan sehingga saat menginginkan untuk mengubah ruang atau sirkulasi lebih mudah. Agar sesuai dengan fungsi, jangan terlalu banyak dinding agar setiap ruangan terkesan luas dan sirkulasi lebih lancar.

Gaya modern minimalis saat ini banyak diterapkan pada hunian. Beberapa keunggulan dari hunian minimalis modern, yaitu :

  • Harga yang terjangkau : Karena tidak memerlukan banyak furniture serta dekorasi dalam ruangan. Sehingga mampu menekan biaya karena yang diutamakan adalah fungsi.
  • Mudah untuk dijaga kebersihannya : Bentuk yang sederhana serta minim dekorasi membuat ruangan mudah untuk di bersihkan.
  • Tidak membutuhkan ruangan yang luas : Konsep minimalis tidak memerlukan ruangan yang luas, karena dengan ruangan kecilpun bisa di buat minimalis dengan memaksimalkan fungsi.

Konsep modern minimalis merupakan konsep yang tidak lekang oleh waktu  dan cocok untuk semua kalangan. Jadi, ayo wujudkan impian memiliki hunian yang rapi, indah, dan nyaman dengan gaya minimalis modern.

Teks oleh : Ledi Deva Fernando (Mahasiswa Jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan