Mohon tunggu...
UCARE INDONESIA
UCARE INDONESIA Mohon Tunggu... Administrasi - Lembaga yang mengelola dana ZISWAF dan dana kemanusiaan

Lembaga yang mengelola dana ZISWAF dan dana kemanusiaan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Doa Ketika Turun Hujan dan Angin Kencang

13 Oktober 2022   14:49 Diperbarui: 13 Oktober 2022   14:57 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: freepik

Ketika turun hujan maka pantas bagi kita untuk mensyukurinya karena itu adalah salah satu karunia dari Rabb semesta alam. Dan diantara cara bersyukur adalah dengan kita mengetahui bagaimanakah petunjuk Nabi Shallallahu Alaihi Wassalam ketika datangnya hujan.  

Maka di antara sunnah rasul ketika melihat mendung akan terjadi hujan, beliau meninggalkan aktivitas beliau untuk melihat ke arah mendung untuk merenunginya untuk merasa takut kepada Allah SWT. Sehingga kita bersemangat untuk beramal sholeh dan bersemangat untuk menjauhi maksiat.

Dan di antara sunnah nabi ketika turun hujan adalah beliau membaca doa ketika turun hujan. Di dalam hadist yang shahih diriwayatkan oleh Imam Bukhari, beliau SAW membaca doa:

Allahumma Shayyiban Naafi'an

artinya: "Ya Allah jadikanlah hujan ini hujan yang bermanfaat."

Selain dosa tersebut, boleh juga bagi kita untuk membaca doa dan dzikir apa saja bahkan ketika turun hujan, karena waktu terbaik untuk berdoa salah satunya adalah ketika turun hujan.

Nabi SAW pernah bersabda di dalam sebuah hadist yang hasan diriwayatkan oleh Imam Al-Hakim, "Dua doa yang tidak akan tertolak yaitu doa ketika akan didirikan shalat dan ketika turunnya hujan." (HR. Al-Hakim)

Bahkan di dalam hadist yang lain, Nabi SAW bersabda, "Carilah waktu diijabahnya doa kalian ketika bertemunya dua pasukan ketika berperang dan ketika shalat akan didirikan dan ketika turunnya hujan." (Shohihul Jaami' No. 3078)

Dan sunnah lainnya apabila turun hujan kemudian disertai dengan angin yang kencang, maka beliau berdoa kepada Allah SWT sebagaima berikut:

"Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khairo maa ursilat bihi. Wa-a'udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khairo maa ursilat bihi."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun