Mohon tunggu...
Lazuardi Firdaus
Lazuardi Firdaus Mohon Tunggu... Lainnya - Motorsport

Motorsport Maniac

Selanjutnya

Tutup

Balap

Dicari! Driver Alpine untuk Musim 2023

3 Agustus 2022   16:57 Diperbarui: 9 Agustus 2022   13:33 149 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Esteban Ocon & Fernando Alonso (@AlpineF1Team)

Fernando Alonso dan Sebastian Vettel menjadi dalang dibalik kisruh yang terjadi pada bursa calon driver McLaren dan Alpine 2023. Pasca Vettel mengumumkan pensiun melalui instagram pribadinya yang baru saja dibuat, Fernando Alonso dan Aston Martin secara mengejutkan mengumumkan mereka akan 'berduet' untuk setidaknya dalam 2 musim ke depan dimulai dari 2023. Kursi kosong Alpine yang diprediksi akan diisi Oscar Piastri ternyata tidak terjadi. Oscar Piastri melalui managernya yang juga mantan pembalap F1, Mark Webber menandatangani pre-contract dengan McLaren yang juga ditegaskan melaui Piastri via media sosial miliknya. Berikut adalah calon-calon driver yang kemungkinan direkrut oleh Alpine untuk menjadi rekan setim Esteban Ocon di musim 2023 mendatang.

1. Daniel Ricciardo

Daniel Ricciardo at Monaco Grand Prix (crash.net)
Daniel Ricciardo at Monaco Grand Prix (crash.net)
Skenario ini dapat dibilang win-win solution dan juga adil. McLaren akan menjadi tim yang menarik dilihat dalam beberapa musim ke depan dua driver muda serta Ricciardo akan tetap di F1 dengan 'kembali' ke pangkuan Renault. Bos Alpine, Otmar Szafnauer menyatakan tak masalah jika Ricciardo kembali ke timnya. Tetapi ada beberapa faktor yang menghambat skenario ini, yaitu :
  • Gaji Daniel Ricciardo yang cukup tinggi
  • Maukah Ricciardo menjadi nomor 2 di Alpine

Dua faktor tersebut menjadi halangan terbesar untuk memungkinkan skenario ini terjadi

2. Alpine mengambil pembalap akademi mereka

alpineacademy.org
alpineacademy.org

Alpine mempunyai 5 driver muda yang bersaing di Feeder Series dimana mereka membalap bersamaan dengan jadwal Formula One. Dari 5 pembalap tersebut, ada dua pembalap yang paling mungkin untuk dipromosikan ke tim utama, yaitu :

Jack Doohan

Jack Doohan (AlpineF1Team)
Jack Doohan (AlpineF1Team)
Anak dari legenda MotoGP, Mick Doohan dapat dikatakan kandidat terkuat jika Alpine memilih mempromosikan anak didik mereka. Finish runner-up Formula 3 musim lalu serta sudah mengantongi 2 kemenangan musim ini sebagai rookie di Formula 2 bukanlah pencapaian yang dianggap sebelah mata. Doohan setidaknya harus finish P5 klasmen akhir Formula 2 untuk setidaknya bisa lolos ketentuan minimal poin (40 poin) Super License untuk berkompetisi di F1 (25 poin sebagai runner-up F3 + 20 poin jika finish P5 di klasmen akhir F2 musim ini)

Victor Martins

Victor Martins (gettyimages
Victor Martins (gettyimages
Lompat kelas dari Formula 3 ke Formula 1 merupakan sebuah perjudian besar jika Alpine bersikeras mewujudkan mimpi basah mereka (Menang Dengan Mobil Perancis Yang Dikendarai Pembalap Perancis) dengan mempromosikan Victor Martins. Victor Martins yang sudah 5 kali podium di Formula 3 Musim ini (3x menang & 2x runner-up) merupakan opsi menarik bagi Alpine jika mereka mau berjudi dengan motto French Pride . Percaya atau tidak, jika Martins setidaknya finish P5 musim ini, dia sudah lolos syarat poin Super License F1 dengan komposisi :
  • Juara Formula Renault Euro Cup musim 2020 (18 poin)
  • Posisi ke-5 Formula 3 Musim 2021 (12 poin)
  • Posisi ke-5 Fomula 3 2022 (12 poin)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan