Mohon tunggu...
lazuardienan
lazuardienan Mohon Tunggu... mahasiswa universitas pendidikan indonesia

@lazuigasli

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendampingan Penggunaan Media Komik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Kegiatan KKN Mahasiswa

12 Januari 2021   12:35 Diperbarui: 12 Januari 2021   12:46 80 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendampingan Penggunaan Media Komik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Kegiatan KKN Mahasiswa
dokumentasi pribadi

Dunia dihebohkan oleh berita yang sangat mengguncang hingga ke seluruh dunia yaitu muncul nya virus yang bernama covid-19. Masyarakat dihimbau untuk tidak keluar rumah, dirumah saja bersama keluarga dan melakukan aktifitasnya, menjaga kesehatan dan kebersihan, tidak lupa cuci tangan dan menggunakan handsanitizer dan menggunakan masker apabila ada perlu keluar rumah. Tetapi waktu masih terus berlanjut sehingga kegiatan sehari -- hari harus masih dilaksanakan.

Lalu bagaimana kondisi pada lembaga pendidikan contohnya sekolah terutama pada peserta didik yang masih anak -- anak. Dikarenakan virus ini kegiatan dilaksanakan dengan cara online. Untungnya teknologi terkini sudah maju dan sangat bermanfaat atau mendukung kegiatan kita disaat mengalami virus korona ini contohnya  dapat menggunakan media sosial, gadget dan internet. Peran guru sangat penting dikarenakan satu -- satunya upaya untuk perkembangan peserta didik dan mengatasinya dalam situasi seperti ini. Perkembangan peserta didik terutama pada situasi pandemi tergantung pembelajaran yang diberikan dari guru, sehingga guru harus mampu membuat dan merancang pembelajaran yang cocok kepada peserta didik. Tidak hanya guru, banyak aspek -- aspek lainnya yang dapat mendukung dalam pembelajaran jarak jauh ini seperti sekolah, peran orang tua dan dari peserta didik itu sendiri. Walaupun masih banyak kendala segala upaya yang dilakukan terus berlanjut, menemukan solusinya dan dengan kegiatan offline atau tatap muka tetap bisa dilaksanakan tetapi dengan syarat menggunakan protokol kesehatan yang berlaku sehingga mengurangi segala resiko.

Usaha pembelajaran ini menjadikan sebuah perubahan dan peningkatan dalam bidang pendidikan. Banyaknya jenis -- jenis media pembelajaran yang dapat dipakai dalam situasi seperti ini secara daring, salah satunya adalah penggunaan media komik. Komik adalah media yang digunakan untuk mengekspresikan ide dengan gambar, dapat dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya. Komik mengambil bentuk urutan panel yang disandingkan. Dalam media komik bisa menjadi upaya pembelajaran yang menarik dan edukatif dikarenakan peserta didik menyukai akan hal yang menyenangkan tetapi tetap masih dalam pembelajaran. Pembuatan unsur komik pun penting untuk diilihat dan harus dikuasai oleh guru karena tidak hanya berupa materi pembelajaran tetapi unsur yang berkaitan untuk menambahkan motivasi belajar peserta didik sehingga perkembangan pembelajaran tercapai.

Fasilitas yang tersedia dan menunjang dalam pembelajaran jarak jauh adalah hal yang penting dikarenakan situasi pandemi seperti ini teknologi dan sosial media menjadi salah satu jalan keluarnya, kita harus dapat menggunakan, menguasai dan mehaminya karena terdapat banyak hal yang dapat dilakukan menggunakan teknologi dan sosial media. Masih terdapat kekurangan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dikarenakan kurangnya efektifitas suasana kelas dan perkembangan belajar peserta didik.

Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran dilakukan secara maksimal salah satunya adalah menggunakan media pembelajaran yang cocok dan menarik yaitu menggunakan media komik. Penggunaan media komik sangat cocok bagi peserta didik kelas XI IPA di MA Ar -- Rasyidiyah dikarenakan visualisasi yang menarik dan materi pembelajaran tetap informatif sehingga peserta didik merasa senang belajar. Adapun kendala persiapan dan terbatasnya fasilitas dalam pembuatan media komik seperti kualitas media komik itu sendiri dan beberapa tanggapan negatif dari peserta didik, atau tenggelamnya peserta didik dalam komik tersebut sehingga lupa belajar dan jauh dari materi pembelajaran yang ada. Setiap peserta didik memiliki daya tarik yang berbeda -- beda pemilihan tema menjadi unsur dalam penggunaan media komik sehingga tidak menghasilkan yang monoton dan perlu tindak lanjutan untuk membantu kekurangan penggunaan media komik seperti berdiskusi dan tanya jawab.

VIDEO PILIHAN