Mohon tunggu...
Hefrismon
Hefrismon Mohon Tunggu... Munir

Reporter

Selanjutnya

Tutup

Musik

Industri Musik Indonesia di Tengah Pandemi, Katalis Menuju Era Baru

21 Mei 2020   11:46 Diperbarui: 21 Mei 2020   17:44 22 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Industri Musik Indonesia di Tengah Pandemi, Katalis Menuju Era Baru
dok.FKPPI

Wabah virus corona (Covid-19) telah menyebar ke lebih dari 160 negara di dunia, termasuk Indonesia. 

Berdasarkan data pemerintah yang diinformasikan Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, data yang dihimpun pada 20 Mei 2020 pukul 12.00 WIB, terjadi penambahan 693 pasien positif, hingga total kasus positif menjadi 19.189 orang,  kasus sembuh menjadi 4.575 orang. pasien meninggal dunia  totalnya menjadi 1.242 orang.

Meningkatnya kasus Covid 19 tersebut membuat pemerintah untuk melaksanakan himbauan Social Distancing dan self-isolation demi mengurangi penyebaran virus tersebut.

Namun, hal ini berdampak pada lesunya beberapa sektor bisnis khususnya bisnis yang mengharuskan adanya interaksi langsung antarmanusia seperti ritel, pariwisata, pameran, dll. karena mereka kehilangan pengunjung dan pembeli.

Meski demikian, tidak semua sektor bisnis mengalami masalah yang sama. Misalnya bisnis seperti jasa antar barang dan makanan mengalami peningkatan yang signifikan karena semakin banyak orang yang menerapkan gerakan #dirumahsaja.

Permasalahan sektor Industri yang diakibatkan Pandemi bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) khususnya yang terkait dengan industeri musik tanah air menjadi pembahasan yang sangat menarik bagi Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta Indonesia (HIPWI) KB FKPPI ke empat.

Melalui Web Seminar (Webinar), HIPWI KB FKPPI menggelar diskusi berjudul   "Wabah Corona :  Katalis Menuju Era Baru", Selasa (19/5). IBincang online tersebut membahas dunia industri Permusikan yang tentu saja sangat merasakan dampak dari pendemi covid-19 dengan tidak mengadakan pertunjukkan karena PSBB serta hal lain  terkait pandemi.

Selaku pembicara dalam diskusi ini  : Candra Darusman seorang seniman dan sekaligus Ketua Umum Federasi Serikat Musisi Indonesia  ( FESMI ), dipandu oleh Toro Sudarmadi  selaku Ketua Umum HIPWI  KBFKPPI dan dimoderatori oleh Aminullah selaku Wakil Sekjen KB FKPPI serta menghadirkan Mahavira  Wisnu Wardhana selaku pemantik Acara.

Acara dihadiri oleh para narasumber yaitu Ferdiansah dari DPR RI komisi X yang juga merupakan kader FKPPI ,  beberapa musis diantaranya : Gilang Ramadhan, Tetty Kadi Penyanyi senior dan kader FKPPI Jabar, Wakil Walikota Bandung Bung Yana Mulyana, musisi muda Indra Sinaga serta,  pengurus KB FKPPI dan unsur pendukungnya.

dokpri
dokpri

 Industri Musik Tumpuan Ekonomi Kreatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x