Mohon tunggu...
LAZ Harfa
LAZ Harfa Mohon Tunggu... Mewujudkan Harapan

LAZ Harapan Dhuafa merupakan Lembaga Non Profit yang berkonsentrasi pada pemberdayaan kaum dhuafa sejak tahun 2004. Melalui pengelolaan Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf, dan Dana Sosial lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

LAZ Harapan Dhuafa Bangun Huntara bagi Korban Gempa Sulawesi Barat

28 Februari 2021   22:46 Diperbarui: 28 Februari 2021   23:24 27 0 0 Mohon Tunggu...

LAZ Harapan Dhuafa Bangun Hunian Sementara (HUNTARA) untuk masyarakat terdampak bencana Gempa Bumi di Sulawesi Barat. Sebanyak 20 HUNTARA telah terbangun pada akhir Februari 2021. Pembangunan Huntara dibangun sejak awal Februari 2021 dengan pengerjaanya tersebar ke dua daerah terdampak yaitu di Desa Ahu 6 huntara dan Desa Labuan Rano 14 huntara tepatnya Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju-Sulawesi Barat.

Iswandi, Relawan Tanggap Bencana LAZ Harapan Duafa untuk Gempa Sulawesi Barat mengatakan bahwa kebutuhan korban gempa saat ini selain kebutuhan pokok juga sangat membutuhkan tempat tinggal sementara yang lebih aman dibandingkan tinggal di pengungsian. Adapun kebutuhan pembangunan HUNTARA difokuskan pemberiannya kepada warga yang memiliki bayi dan anak kecil.

"Dimana fokus utama kita yang memiliki bayi, biasanya di pengungsian rawan bayi sakit karena kondisi pengungsian yang berdesak-desakan. Jadi kita berikan yang layak kepada mereka sambil menunggu bantuan rumah permanen dari pemerintah" Lanjut Iswandi.

HUNTARA menjadi salah satu bantuan yang sangat dibutuhkan warga terdampak gempa, pasalnya gempa bumi dengan magnitudo 6,2 SR yang terjadi pertengahan Januari 2021 telah mengakibatkan 2.300 rumah warga rusak hingga banyak rumah tidak lagi dapat ditempati karena rusak parah, akibatnya para warga memilih tinggal di pengungsian.

"Sebelumnya saya dan keluarga numpang tinggal di tenda orang lain, rasanya nggak enak ya. Tapi sekarang ada hunian sementara Alahamdulillah kami jadi punya tempat yang lebih layak dan tidak lagi menumpang". Ungkap Amir salah satu warga terdampak.

Direktur Utama LAZ Harapan Dhuafa, Indah Prihanande mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah berbagi dan bergotong royong meringankan beban masyarakat terdampak bencana di Sulawesi Barat dengan menitipkan amanahnya kepada LAZ Harapan Dhuafa. Indah juga menuturkan akan terus berupaya membangun komitmen kepedulian terhadap situasi krisis kebencanaan yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

"Insyaa Allah, kami akan terus berkomitmen untuk lebih banyak lagi membantu mereka yang terdampak bencana, agar kembali hidup lebih layak." Lanjutnya

Hingga saat ini, tim LAZ Harapan Dhuafa masih berada di lokasi terdampak gempa Sulawesi Barat guna mengoptimalkan bantuan yang diberikan kepada para korban.

VIDEO PILIHAN