Mohon tunggu...
Layla Fitri
Layla Fitri Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kiat Menjaga Kesehatan Tubuh di Era New Normal Pandemi Covid-19

9 Agustus 2020   01:32 Diperbarui: 9 Agustus 2020   01:54 110 5 2 Mohon Tunggu...

\ Lima bulan sudah masyarakat Indonesia berperang melawan pandemi Virus Corona (Covid-19) dengan menerapkan Social Distancing dan Work From Home (WFH). Namun pada saat ini, Indonesia sudah memasuki era New Normal, yang artinya beberapa kegiatan sudah mulai berjalan seperti biasa. Mungkin kita sudah sangat sering mendengar kata New Normal. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan new normal? New normal merupakan suatu kebiasaan dan perilaku yang baru untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat. Pada intinya, new normal merupakan suatu kebiasaan agar kita tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.

            Kebijakan new normal yang sudah diberlakukan oleh pemerintah pada 1 Juni 2020 lalu menjadi pilihan yang tepat demi menyelamatkan hidup masyarakat Indonesia dan menjaga agar Negara tetap bisa berdaya menjalankan fungsinya. Diberlakukannya new normal lantaran tidak mungkin masyarakat terus menerus bersembunyi di rumah tanpa kepastian dan tidak mungkin pula seluruh aktivitas sosial dan ekonomi berhenti tanpa kepastian yang mana dapat menyebabkan kebangkrutan total, PHK massal, dan juga bahkan krisis sosial.

            Covid-19 memang sudah menjangkit secara internasional dan sudah menjadi ancaman global. Maka dari itu untuk memastikan new normal berjalan dengan baik, pemerintah melakukan upaya sistematis terkoordinasi dan konsisten dalam melakukan pengawasan dan penegakan hukum termasuk memperbesar kapasitas sektor kesehatan untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus baru Covid-19. Memang kenormalan baru atau new normal sama sekali belum menjadi kemenangan dalam melawan Covid-19, namun new normal menjadi upaya yang produktif namun tetap aman dari serangan Covid-19. Pertarungan melawan Virus Corona sendiri sebenarnya tergantung pada kesadaran dan kedisiplinan setiap orang. New normal diberlakukan dengan kesadaran penuh bahwa wabah Covid-19 masih ada, karenanya aktifitas ekonomi dan publik pun diperbolehkan dengan syarat menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan secara lebih ketat dan disiplin.

            Lantas bagaimana cara menjalani new normal di tengah pandemi Covid-19?

            Tetap terapkan protokol kesehatan baik di rumah, di kantor, maupun di tempat publik, selalu menggunakan masker ketika bepergian keluar rumah guna menghindari terpaparnya virus, membudayakan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir (jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, gunakan handsanitizer), menghindari kerumunan massa dan selalu menjaga jarak fisik saat berinteraksi dengan orang lain menjadi kunci hidup sehat dalam kondisi new normal.

            Bicara tentang kesehatan, kita harus tau apa sih arti sehat itu? Definisi sehat sendiri menurut World Health Organization  (WHO) "sehat adalah suatu keadaan sejahtera yang meliputi fisik, mental, dan sosial yang tidak hanya bebas dari penyakit atau kecacatan". Meskipun sekarang sudah memasuki era new normal, bukan berarti dengan mudahnya begitu saja mengabaikan tentang kesehatan tubuh. Tubuh merupakan aset yang berharga karena merupakan sarana untuk menunjang kehidupan. Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat karena dengan tubuh yang sehat, seseorang bisa melakukan semua aktivitas dengan baik.

            Terlepas dari itu semua, sebagian besar masih banyak orang yang mengabaikan kesehatannya dengan alasan sibuk dan juga masih banyak yang memperlakukan hidupnya dengan egois, memforsir tubuhnya dengan bekerja terus menerus tanpa memperhatikan kesehatan tubuhnya. Sama halnya seperti mesin, tubuh yang terus menerus digunakan tanpa dirawat dengan baik akan mudah jatuh sakit, terlebih lagi di era new normal seperti saat ini.

            Lalu apa saja kiat-kiat dalam menjaga tubuh agar tetap sehat di era new normal saat ini?

  1. Perbanyak Minum Air Mineral/Air Putih

Ternyata masih banyak yang menganggap remeh tentang minum air putih, meskipun terlihat remeh namun banyak sekali manfaat dari minum air putih seperti : dapat mencegah dehidrasi, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, dan juga dapat memberikan energi pada otot dan sendi. Cobalah untuk mengawali pagi hari dengan segelas air putih. Mengonsumsi air putih di pagi hari dapat membuat tubuh dalam keadaan siap untuk menerima asupan gizi pada saat sarapan. Kemudian juga cobalah membiasakan diri minum air putih dengan anjuran 8 gelas/hari  baik ketika merasa haus maupun tidak. Jadi, meskipun dalam keadaan tidak haus,  dapat dipahami bahwa tubuh harus banyak mengonsumsi air mineral/air putih agar kesehatan tubuh juga tetap terjaga.

2. Mengonsumi Makanan Bergizi

Makanan bergizi tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh namun juga merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan kalori seseorang memang berbeda-beda, maka dari itu agar nutrisi yang dibutuhkan seimbang pilihla makanan-makanan yang beragam misalnya seperti sayur, telur, atau ikan sehingga nutrisi yang dibutuhkan benar-benar terpenuhi.

3. Olahraga 

Saat ini kita sudah memasuki era new normal, jangan lagi dijadikan alasan untuk bermalas-malasan berolahraga. Jika ingin melakukan kegiatan olahraga di gym atau di tempat kebugaran lainnya jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Namun, jika tidak memiliki kesempatan untuk pergi ke tempat kebugaran bisa dilakukan dengan di rumah aja. Cukup sediakan waktu di pagi atau sore hari untuk berlari, bersepeda maupun melakukan yoga. Selain itu, olahraga yang dapat dilakukan selama dirumah adalah stretching, dengan bergerak selama 5 menit disela sela waktu bekerja atau juga bisa dilakukan dengan berjalan kaki didalam rumah guna melancarkan sirkulasi darah dan otot. Untuk menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi yang prima alangkah baiknya dimulai kebiasaan olahraga selama 15 menit sehari.

4. Membaca Buku

Membaca buku sangatlah bermanfaat dan dapat dilakukan di sela-sela waktu istirahat. Membaca buku juga mengalihkan pikiran dari hal-hal yang membuat diri kita stress, yang mana stress ini nantinya dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit.

5. Berpikir Positif

Hal yang tidak kalah penting dalam menjaga tubuh adalah menjaga pemikiran agar tetap selalu berfikir positif. Ternyata kunci utama dalam menjaga kesehatan tubuh adalah memiliki pikiran positif, karena ketika memiliki pikiran positif, kita tidak hanya menjaga kesehatan tubuh dari luar namun juga dari dalam. Belajarlah untuk bisa mengontrol pikiran dari hal hal yang negatif, sehingga ketika harus bekerja atau belajar di era new normal saat ini dan bisa terus berfikir positif, maka pekerjaan tersebut akan lebih baik dan lebih maksimal. Dan jika terlalu stress ketika menghadapi suatu pekerjaan carilah waktu luang untuk bersantai dan istirahat sejenak agar fikiran kembali jernih.



Penulis :

Layla Fitri

Mahasiswi Ilmu Kesehatan Masyarakat

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kelompok 38 KKN-DR

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x