Mohon tunggu...
Lavie Lengkey
Lavie Lengkey Mohon Tunggu...

Seorang calon pegawai negeri yang senang travelling, khususnya menggunakan moda transportasi kereta api. Pemilik blog mengenai kereta api, http://idrailnews.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kemungkinan Komposisi Babak 16 Besar EURO 2016

22 Juni 2016   14:11 Diperbarui: 22 Juni 2016   14:20 679 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kemungkinan Komposisi Babak 16 Besar EURO 2016
Logo Piala Eropa (EURO) 2016 (diperoleh dari laman UEFA Euro 2016 di Wikipedia)

Fase grup Piala Eropa 2016 (lebih dikenal dengan sebutan EURO 2016) masih menyisakan empat pertandingan terakhir di Grup E dan F, yang tak kalah serunya dengan pertandingan-pertandingan terakhir grup lainnya (Grup A-D). Hanya saja, ada satu unsur yang menurut saya membedakan pertandingan pamungkas di Grup E dan F dengan grup lainnya. Bagaimana tidak, selain Italia dan Hungaria yang sudah dipastikan lolos, enam tim lainnya di kedua grup masih memiliki asa untuk melaju ke babak 16 besar, setidaknya secara matematis. Irlandia contohnya, meskipun akan menghadapi Italia di pertandingan pamungkas, masih bisa lolos ke 16 besar cukup dengan menang selisih satu gol atas juara dunia empat kali tersebut. Hal itu dikarenakan poin akhir mereka nanti (4 poin bila menang lawan Italia) mengalahkan 3 poin yang berhasil dikumpulkan Turki dan Albania (masing-masing peringkat ketiga di grup D dan A).

Tapi, jika lebih realistis sedikit, di antara enam tim yang masih harus berjuang untuk lanjut ke babak 16 besar (selanjutnya akan saya ketik bold dalam tulisan saya), menurut saya tim yang masih memiliki peluang cukup besar untuk lolos ke 16 besar adalah Portugal. Bagaimana tidak, syarat satu-satunya untuk lolos ke 16 besar adalah dengan tidak kalah melawan Hungaria. Dengan hasil imbang dan berada di peringkat 3 Grup F sekalipun, selisih gol Portugal (0) masih lebih bagus dibandingkan Turki dan Albania (-2). Hanya saja, Hungaria berpotensi membuat kejutan, yaitu dengan mengalahkan Portugal. Apabila Cristiano Ronaldo dkk. berhasil ditundukkan, Portugal dipastikan menjadi timnas kelima yang gugur dalam pertarungan Piala Eropa 2016. Bagaimanapun, saya memprediksi setidaknya pertandingan Hungaria v Portugal malam ini akan berakhir imbang.

Selain Portugal, Swedia juga masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar, hanya saja misi mereka untuk lanjut ke 16 besar bisa dibilang lebih berat. Selain lawan yang akan mereka hadapi adalah Belgia, poin yang mereka kantongi sejauh ini (1 poin dalam 2 pertandingan) membuat Zlatan Ibrahimovic beserta rekan-rekannya harus meraih kemenangan sebagai harga mati. Jika pertandingan Swedia v Belgia berakhir imbang, dapat dipastikan Swedia bakal angkat koper lebih awal dari perhelatan EURO 2016. Selain Swedia, Austria juga harus memenangi pertandingan terakhir melawan Islandia, apabila ingin lanjut ke babak 16 besar. Irlandia merupakan tim yang, menurut saya, kemungkinan lolos ke babak 16 besarnya paling kecil, karena harus mengalahkan tim sekaliber Italia. Selain pernah menjadi juara dunia empat kali, Italia berkesempatan menjadi satu-satunya tim di Piala Eropa 2016 yang meraih nilai sempurna di fase grup (9 poin). Pasukan Antonio Conte tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Jika dibandingkan dengan empat tim yang telah saya sebutkan, Belgia jelas memiliki kans yang lebih besar untuk lanjut ke babak 16 besar, yaitu tidak boleh kalah dari Swedia. Dengan 1 atau 3 poin, tim asuhan Marc Wilmots ini akan lolos sebagai runner-up Grup E. Sebaliknya, bila gagal meraih poin, mereka bisa saja terdepak dari ajang EURO 2016, andai kata Irlandia membuat keajaiban dengan mengalahkan Italia. Mengapa keajaiban? Karena saya rasa Italia tidak ingin dipermalukan di pertandingan pamungkas Grup E. Selain Belgia, Islandia juga punya peluang cukup besar lolos ke babak 16 besar, dengan cara tidak kalah dari Austria. Apalagi setelah berhasil menahan imbang Portugal dan Hungaria, saya rasa Islandia tidak akan terlalu kesulitan untuk kembali menahan imbang Austria, bahkan hingga berhasil memenangi pertandingan tersebut. Selain itu, Islandia pasti memiliki tekad untuk menjadi tim debutan Piala Eropa lainnya yang berhasil melaju ke babak 16 besar, mendampingi Wales, Irlandia Utara, serta Slovakia.

Berdasarkan hal tersebut, maka saya memprediksikan empat tim peringkat tiga terbaik yang akan lolos ke babak 16 besar EURO 2016 akan berasal dari Grup B (Slovakia), C (Irlandia Utara), D (Turki), dan F (ditentukan malam ini, pukul 23:00 WIB). Hal ini dengan catatan, Swedia gagal menang melawan Belgia. Dengan hasil tersebut, kita sudah dapat menentukan tim-tim yang akan saling berhadapan di babak 16 besar, dengan menggunakan tabel berikut (diperoleh dari artikel The Guardian):

Tabel pedoman tim yang akan berhadapan di babak 16 besar EURO 2016 berdasarkan empat tim peringkat ketiga yang lolos (diperoleh dari situs The Guardian)
Tabel pedoman tim yang akan berhadapan di babak 16 besar EURO 2016 berdasarkan empat tim peringkat ketiga yang lolos (diperoleh dari situs The Guardian)
Apabila yang lolos adalah tim peringkat tiga dari Grup B, C, D, dan F, maka berikut adalah daftar tim yang akan saling berhadapan di babak 16 besar nanti (versi B-C-D-F):

25 Juli 2016, 20:00 WIB: Swiss v Polandia

25 Juli 2016, 23:00 WIB: Wales v Turki

26 Juli 2016, 02:00 WIB: Kroasia v Peringkat 3 Grup F

26 Juli 2016, 20:00 WIB: Perancis v Irlandia Utara

26 Juli 2016, 23:00 WIB: Jerman v Slovakia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x