Mohon tunggu...
Funky Laurin Aulie Sucitra
Funky Laurin Aulie Sucitra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Upaya Membangkitkan UMKM Kota Kediri Di Masa Pandemi

21 November 2021   14:57 Diperbarui: 21 November 2021   15:48 131 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Krisis perekonomian akibat dampak dari wabah virus covid-19. Salah satunya yaitu sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) yang juga terkena dampak dari wabah virus Covid-19. Berbagai upaya telah dilakukan untuk terus mendorong sektor UMKM untuk bangkit kembali.

 Hal ini membuat para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengalami krisis ekonomi. Daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi keberlangsungan usaha UMKM. Hal tersebut dapat menjadi ancaman bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Saat ini UMKM mengalami permasalahan seperti menurunnya penjualan.

Untuk membangkitkan kembali kondisi ini Wali Kota Kediri mendorong digitalisasi ekonomi di masa pandemi saat ini. Untuk mendukung program tersebut pemerintah Kota Kediri telah bekerjasama dengan tokopedia dan shopee yaitu salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia, untuk melakukan promosi dan penjualan secara online agar masyarakat luar Kota Kediri dapat mengetahui sehingga diharapkan dapat membantu promosi selain itu juga membuat platform Mall UMKM untuk digunakan sebagai wadah pemberdayaan masyarakat sehingga dapat membentu masyarakat dalam mengembangkan usahanya dari keterpurukan krisis ekonomi akibat dampak dari virus COVID-19, dan juga mengadakan Virtual Expo sebagai solusi untuk mempromosikan UMKM di Kota Kediri.

Pemerintah Kota Kediri juga melakukan pendampingan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM). Seperti, Pelaku UMKM diberikan bantuan mengenai cara menjual produk secara online, di ajarkan cara pemotretan produk dan membuat konten menarik untuk di promosikan agar suatu barang atau produk tersebut menarik minat beli pelanggan dan juga pendampingan untuk membuat desain kemasan produk yang akan di jual oleh pelaku UMKM, membantu pembuatan logo dan merk, serta menerima konsultasi usaha. Pelatihan tersebut akan dilaksanakan secara berkala seperti seminar maupun kelas-kelas bersama para ahli dibidangnya dengan begitu pelaku UMKM perlahan akan belajar dan mengerti.

Selain program tersebut rencananya Wali Kota Kediri akan menyerahkan CSR dari Bank Jatim untuk para UMKM dalam bentuk alat produksi. Alat ini diharapkan akan meningkatkan produktivitas para UMKM agar terus survive di era pandemi. 

Pemerintah Kota Kediri sangat berupaya agar masyarakat dapat kembali hidup sejahtera tidak terpuruk oleh bencana pandemi berkepanjangan, Agar perekonomian Kota Kediri dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat bangkit kembali. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan