Mohon tunggu...
Vicky Laurentina
Vicky Laurentina Mohon Tunggu... -

Saya lebih banyak menulis di: vickyfahmi.com. Instagram/Twitter: @vickylaurentina Kadang-kadang nge-Youtube.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Privacy Tanpa Pengap

29 Agustus 2010   05:32 Diperbarui: 26 Juni 2015   13:37 256 0 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Ritual saya saban pagi adalah buka jendela kamar lebar-lebar. Saya senang mengirup hawa pagi yang sejuk masuk ke kamar saya, sehingga udara kamar yang kecut bekas tidur semalam pun bisa keluar. Biasanya jendela saya buka seharian, dan kalau udah malem, baru saya tutup. Itu juga kalau inget. Soalnya saya nggak pernah ada di kamar tidur saya, kecuali kalau memang sudah waktunya mau tidur. Maka nggak heran kalau kadang-kadang jendela baru saya tutup jam 10 malem. Kadang-kadang, kalau saya tidur siang, saya tetap biarkan jendelanya buka lebar. Maksudnya, supaya angin semilir-semilir masuk ke kamar selama saya tidur siang. Nyokap saya kadang-kadang kuatir, kayak gini bisa bikin saya masuk angin. Soalnya tempat tidur saya persis di sebelah jendela. Kebiasaan itu beberapa kali bawa masalah ketika saya pergi dari rumah dan harus tinggal di tempat lain. Waktu saya tinggal di Jatinangor, saya punya kebiasaan buka pintu kamar kost tiap malem supaya hawanya segar. Nggak puas buka jendela doang, coz jendelanya kecil banget. Baru dua minggu tinggal di Jatinangor, saya kena flu. Ternyata kebiasaan saya obral ventilasi itu bikin saya masuk angin. Pas saya nyewa apartemen di Pulang Pisau, saya dapet problem lagi. Saya masih tetap suka buka pintu, coz saya memang seneng hawa luar masuk. Sampek kemudian ada perawat ngebisikin saya, "Dok, Dok, kadang-kadang, itu tetangga suka ngeliatin dalemnya kamar Dokter lho. Kan pintunya terbuka lebar.." Saya jadi ngeri. Kalau orang lain lihat saya lagi latihan nari perut, gimana? Kan saya maluu.. Makanya saya mutusin buat manfaatin jendela. Kadang-kadang kita butuh privacy, tapi menutup pintu bikin ruangan jadi pengap. Itu sebabnya jendela berperan besar buat pertukaran udara segar. Makanya saya suka aneh kalau lihat rumah orang ada jendela tapi jendelanya seret lantaran bertahun-tahun nggak pernah dibuka, dan malah rapat ditutup korden. Nggak sehat buanget. Gimana? Apakah Anda buka jendela kamar setiap pagi? Jawabnya di sini aja..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lingkungan Selengkapnya
Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan