Mohon tunggu...
Laurentia Priskila Magdalena
Laurentia Priskila Magdalena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi menonton film dan drama korea

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Gladi Hominisasi 8_Laurentia Priskila Magdalena_6052201205

3 Desember 2022   18:52 Diperbarui: 3 Desember 2022   19:24 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TUGAS GLADI HOMINISASI 8
Nama : Laurentia Priskila Magdalena
Npm : 6052201205
Fakultas : Hukum

Perkenalkan nama saya Laurentia Priskila Magdalena ddengan NPM 6052201205, sebagai salah satu mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) angkatan 2022 dari Fakulltas Hukum. Saya mengikuti salah satu program yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan Humaniora Divisi Pengembangan Potensi Insani (PPI) yang bernama Gladi Hominisasi, dimana gladi tersebut merupakan kegiatan yang dianjurkan bagi seluruh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Katolik Parahyangan  yang menempuh MKU Bahasa Indonesia, Logika, dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) untuk diikuti guna memenuhi syarat kelulusan. 

Gladi ini diselenggarakan oleh pihak UNPAR dimana dalam acara tersebut memuat nilai-nilai yang diperlukan tidak hanya untuk mahasiswa melainkan juga oleh manusia yang bewarganegara yang baik. Pada acara tersebut juga banyak nilai-nilai humanisasi yang dikemas secara praktis dan efektif.

Gladi Hominisasi ini sendiri diadakan dalam beberapa jadwal yang dapat kita pilih. Acara Gladi Hominisasi yang saya pilih ini diadakan pada hari Minggu tanggal 27 November 2022. Sebelum kita mengikuti acara utama Gladi Hominisasi ini, kita diberikan tugas Pra-Gladi Hominisasi yang berisikan tentang kebudayaan Indonesia. Dalam tugas yang diberikan nya itu berupa tugas mendengarkan lagu Indonesia Raya tiga stanza dan menonton salah satu film dokumenter yang diberikan.

Bagi saya tugas tersebut dapat membantu menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap Tanah Air Indonesia dan juga membantu menambah wawasan mengenai kebudayaan Indonesia yang beragam tentunya. Dan dengan diberikan nya tugas ini dapat lebih menumbuhkan rasa cinta tanah air kita terhadapa Bangsa Indonesia ini. 

Dengan diberikan nya tugas tersebut yang merupakan syarat utama untuk mengikuti acara gladi pada 27 November 2022.

Setelah kita mengumpulkan tugas Pra-Gladi Hominisasi tersebut kita dibagikan kelompok dan diberikan link zoom melalui email untuk mengikuti acara utama Gladi Hominisasi. Acara tersebut memiliki banyak kegiatan yang dilakukan mulai dari pagi hari hingga siang hari.

Dalam gladi hominisasi via zoom meeting ini rangkaiaan acaranya tersusun dengan rapih dan baik seperti diadakannya kata sambutan, berkenalan dengan antar anggota kelompok yang telah ditentukan sebelumnya, berdiskusi dengan anggota kelompok mengenai presentasi yang akan dilakukan tentang tema masing-masing kelompok yang telah ditentukan juga, kemudian berdialog dengan sesama anggota, lalu presentasi di depan beberapa kelompok. 

Saya dan kelompok saya mendapatkan materi mengenai "Hari Anak Sedunia". Walaupun pada saat awal" breakout zoom dimulai kami masih canggung untuk mengobrol dengan sesama anggota kelompok namun pada akhirnya kami saling berbaur satu sama lain dan saling membuka diri agar dapat bertukar pikiran antara satu dengan yang lain nya. Kemudian disini kami juga berdiskusi bagaimana metode presentasi yang akan kelompok saya pakai dalam penyampaiaan presentasi nya, dan dalam penyampaiaan presentasi tersebut kelompok kami memilih metode presentasi podcast.

Dalam presentasi ini juga tentunya kelompok kami ditonton oleh kelompok-kelompok yang lain nya juga. Dengan begitu hasil dari acara presentasi berbagai kelompok ini sangat membantu saya dalam melatih skill public speaking saya dalam hal berkomunikasi satu sama lain tentunya. Dengan diadakan serta terlaksanakan nya acara ini saya merasa bahwa kegiatan ini menyenangkan, seru, dan bermanfaat sebagai bagian dari inti acara Gladi Hominisasi yang telah saya ikuti.

Kemudiaan bagi saya dalam gladi ini saya mempelajari bahwa menggunakan logika dalam kehidupan itu penting tentunya dan berarti. Berhubung saya merupakan salah satu mahasiswi dari Fakultas Hukum UNPAR saya harus berpikir secara logis yuridis serta sistematis apalagi dalam hal berbahasa serta dalam hal berpikir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun