Mohon tunggu...
Laurensius Alvin
Laurensius Alvin Mohon Tunggu... Lainnya - Laurensius Novian Alvin

Saya adalah seorang mahasiswa di Universitas Atmajaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pentingnya Teks, Gambar, dan Video Dalam Jurnalisme Multimedia

26 Oktober 2021   04:17 Diperbarui: 26 Oktober 2021   04:39 93 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jurnalisme multimedia adalah sebuah jurnalisme yang terdiri gabungan media, minimal berjumlah 3 media. Media yang dimaksud adalah video, teks, gambar, animasi, audio, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jurnalisme multimedia sangat berbeda dengan jurnalisme yang lainnya, karena jurnalisme multimedia cenderung memiliki konten yang interaktif, sehingga masyarakat akan lebih tertarik. Jurnalisme multimedia pada saat ini telah berkembang pesat, khususnya pada media digital.

Pada saat ini kita dapat mengakses jurnalisme multimedia melalui portal berita yang tersedia di internet. Dengan begitu kita dapat menikmati konten di mana saja dan kapan saja, bahkan kita dapat menikmati konten melalui ponsel pintar yang kita miliki.

Seperti yang kita tahu, bahwa dalam jurnalisme multimedia terdapat beberapa gabungan dari media yang ada. Nah, ternyata teks, gambar, dan video merupakan gabungan yang dapat dikatakan efektif dalam jurnalisme multimedia. Teks, gambar, dan video dapat menunjukkan data yang valid dalam jurnalisme, sehingga penyebaran berita bohong dapat dicegah.

Dalam jurnalisme diperlukan data yang akurat dalam melakukan pemberitaan, oleh karena itu dalam jurnalisme biasanya diperlukan narasumber. Narasumber yang dipilih dapat berupa saksi dalam suatu tragedi, korban, bahkan hingga ke pelaku itu sendiri.

Untuk memperkuat adanya bukti suatu tragedi, biasanya seorang jurnalis akan datang ke tempat kejadian perkara untuk memastikan kebenaran tragedi itu sendiri. Dengan begitu timbul gambar dan video yang menjadi bukti kuat dalam terjadinya suatu tragedi, sehingga pemberitaan tersebut memang benar adanya.

Sumber: sobatsekolah.com
Sumber: sobatsekolah.com

Teks

Teks merupakan sebuah tulisan yang dapat dibaca dan biasanya memiliki makna-makna tertentu. Teks biasanya digunakan untuk menyebarkan informasi yang ada, maupun cerita yang menarik.

Teks atau tulisan dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu fiksi dan nonfiksi. Teks fiksi adalah teks atau tulisan yang berisikan khayalan dam dongeng, sehingga tulisan tersebut tidak benar-benar terjadi atau berupa karangan belaka. Teks nonfiksi adalah tulisan yang berdasarkan data dan fakta yang ada, sehingga tulisan tersebut benar-benar terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan