Mohon tunggu...
Laurencia Livia
Laurencia Livia Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas AtmaJaya Yogyakarta

Hai! Terimakasih sudah membaca!✨

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Yuk, Analisis Sosial Biar Nggak Anti Sosial!

23 Februari 2021   19:10 Diperbarui: 23 Februari 2021   19:52 138 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk, Analisis Sosial Biar Nggak Anti Sosial!
Ilustrasi peristiwa sosial (Sumber: popbela.com)

Seringkali kita acuh tak acuh dengan isu sosial atau peristiwa sosial yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Hal tersebut secara tidak langsung membuat kita menjadi ansos (anti sosial) dan tidak berwawasan luas terhadap realitas kehidupan.

Padahal penting juga loh untuk kita sebagai masyarakat, mengetahui permasalahan apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar kita. Yuk, simak artikel ini sampai habis biar nggak jadi anti sosial!

Sebagai makhluk hidup sekaligus makhluk sosial, manusia tentu membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup, seperti kita membutuhkan para petani supaya kita dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya itu, dalam kehidupan sehari-hari pun kita juga membutuhkan orang lain untuk saling berinteraksi supaya dapat 'bertahan hidup' sebagai makhluk sosial. 

Namun, sekarang ini banyak rasa kemanusiaan yang hilang akibat kemajuan teknologi yang semakin canggih. Masyarakat mulai 'melupakan ' keadaan sekitar nya dan berfokus kepada teknologi yang dimiliki nya.

Hal tersebut menimbulkan banyak dampak negatif yang terjadi di masyarakat, contoh umum yang sering terjadi adalah ketika sedang terjadi kecelakaan di sebuah jalan raya, ada banyak orang yang justru hanya sibuk untuk mem video kondisi korban maupun kondisi kecelakaan tanpa ada urgensi yang penting di dalamnya. 

Hal tersebut secara tidak langsung mengikis rasa kemanusiaan yang ada dalam diri manusia. Tujuan dari mem video tersebut hanyalah sebatas untuk diunggah ke sosial media mereka dan mem viralkan apa yang sedang terjadi, tanpa ada rasa kepedulian yang nyata. 

Nah, itulah mengapa kita perlu melakukan analisis sosial dalam kehidupan sosial. Sebenarnya, secara tidak langsung kita telah melakukan analisis sosial dalam kehidupan sehari-hari kita. Sebelum membahas lebih dalam, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu analisis sosial. 

APA SIH ANALISIS SOSIAL? 

Menurut Holland dan Henriot (Makinuddin & Sasongko, 2006. ) analisis sosial adalah sebuah usaha untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan lengkap mengenai sebuah permasalahan sosial yang sedang terjadi dengan menggali hubungan historis dan strukturalnya.

Secara singkat, analisis sosial berarti kita melakukan 'penyelidikan' terhadap sebuah isu sosial untuk mendapatkan kebenaran dari isu tersebut. Dengan melakukan analisis sosial, berarti kita merupakan pengamat kritis karena kita membutuhkan pemikiran yang kritis ketika melakukan analisis sosial. 

Tentu, analisis sosial membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan proses yang tidak singkat. Maka dari itu, apa sih manfaatnya jika kita melakukan analisis sosial? Check this out!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x