Mohon tunggu...
Laurencia Eprina Dian
Laurencia Eprina Dian Mohon Tunggu... Manusia biasa yang senang belajar hal baru

Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Media

Menilik Apa Itu Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia

14 September 2020   13:51 Diperbarui: 14 September 2020   14:05 126 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menilik Apa Itu Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia
source: unsplash.com

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas seputar apa itu jurnalisme online dan multimedia. Sebelum mempelajari tentang jurnalisme online, perlu kita ketahui terlebih dulu pengertian dari "online". Online merupakan istilah yang biasa kita gunakan ketika terhubung dengan internet atau dunia maya. Dengan adanya media online dapat memudahkan kita semua untuk mengakses informasi dengan cepat dimanapun dan kapanpun.

Jurnalisme Online

Jurnalisme online merupakan aktivitas jurnalistik yang dilakukan secara online berbasis jaringan internet. Menurut Pavlik dalam Aryani (2001), jurnalisme online adalah jurnalisme kontekstual yang menggabungkan tiga fitur komunikasi, yaitu kemampuan multimedia berdasarkan platform digital, kualitas interaktif dalam komunikasi online, dan fitur-fitur yang didata.

Jurnalisme online juga dapat disebut sebagai jurnalisme yang berisi produksi konten digital berupa audio, video, gambar, dan teks.

Jurnalisme online dan jurnalisme multimedia merupakan dua hal yang berbeda namun memiliki keterikatan. Jurnalisme multimedia dapat dikatakan sebagai perkembangan terbaru dari adanya jurnalisme online.

source: unsplash.com
source: unsplash.com

Hal tersebut bisa terjadi karena jurnalisme online sudah berbasis teknologi digital sehingga memungkinkan semua media bergabung menjadi satu yaitu media online.

Menurut Mark Deuze (2001) dalam bukunya yang berjudul Online Journalism: Modelling the First Generation Media on the World Wide Web terdapat empat jenis jurnalisme online, yaitu:

1. Mainstream New Sites

Media berita online yang tersebar luas melalui situs mainstream news. Dalam situs tersebut terdapat pilihan editorial konten yang memungkinkan media untuk terhubung dengan segala sesuatu yang diproduksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x