Mohon tunggu...
Laurencia Violitta
Laurencia Violitta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang mahasiswa

Do your best!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sosial Media

8 Desember 2021   01:50 Diperbarui: 10 Desember 2021   21:51 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sosial Media adalah salah satu bentuk dari kemajuan teknologi. Menurut  McGraw Hill Dictionary – Media sosial adalah sarana yang digunakan oleh orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara menciptakan, berbagi, serta bertukar informasi dan gagasan dalam sebuah jaringan dan komunitas virtual.

Menurut Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlein (2010) membagi berbagai jenis media sosial ke dalam 6 (enam) jenis, yaitu :

  • Collaborative projects memungkinkan adanya kerjasama dalam kreasi konten yang dilakukan oleh beberapa pengguna secara simultan, misalnya adalah Wikipedia. Beberapa situs jenis ini mengizinkan penggunanya untuk melakukan penambahan, menghilangkan, atau mengubah konten. Bentuk lain dari collaborative projects adalah social bookmarking yang mengizinkan koleksi berbasis kelompok dan peringkat kaitan internet atau konten media.

  • Blogs merupakan salah satu bentuk media sosial yang paling awal yang tumbuh sebagai web pribadi dan umumnya menampilkan date-stamped entries dalam bentuk kronologis. Jenis blog yang sangat populer adalah blog berbasis teks.

  • Content communities memiliki tujuan utama untuk berbagi konten media diantara para pengguna, termasuk didalamnya adalah teks, foto, video, dan powerpoint presentation. Para pengguna tidak perlu membuat halaman profil pribadi.

  • Social networking sites memungkinkan para pengguna untuk terhubung dengan menciptakan informasi profil pribadi dan mengundang teman serta kolega untuk mengakses profil dan untuk mengirim surat elektronik serta pesan instan. Profil pada umumnya meliputi foto, video, berkas audio, blogs dan lain sebagainya. Contoh dari social networking sites adalah Facebook, MySpace, dan Google+

  • Virtual games worlds merupakan platform yang mereplikasi lingkungan ke dalam bentuk tiga-dimensi yang membuat para pengguna tampil dalam bentuk avatar pribadi dan berinteraksi berdasarkan aturan-aturan permainan.
  • Virtual sosial worlds memungkinkan para inhabitan untuk memilih perilaku secara bebas dan untuk hidup dalam bentuk avatar dalam sebuah dunia virtual yang sama dengan kehidupan nyata. Contohnya adalah Second Life.

Di era kemajuan teknologi saat ini terdapat berbagai macam platform media sosial yang dikembangkan seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Dengan adanya sosial media tersebut banyak membantu kita dalam berbagai hal seperti :

 

  • Bisa menghubungi kerabat / teman yang berada di tempat yang jauh 

Mendekatkan yang jauh adalah moto yang sering kita dengar tentang sosial media. Dengan adanya platform platform sosial media, memudahkan kita untuk menghubungi teman teman ataupun saudara yang berada di tempat yang jauh bahkan di berbagai negara jika dulu menghubungi dengan surat akan terlalu lama / telepon jarak jauh membutuhkan biaya mahal maka sekarang lewat sosial media tersebut yang menyediakan berbagai fitur sehingga kita bisa mengurangi waktu dan biaya tersebut.

  • Memudahkan mencari informasi dalam berbagai hal

Mudahnya membagi informasi di sosial media membuat kita juga dengan mudah mendapat informasi dari sosial media, jika kita bisa menggunakan sosial media dengan baik maka hal tersebut bisa membuat kita berkembang dalam berbagai skill.

  • Menjadi sarana hiburan

Dengan berkembangnya teknologi dan informasi saat ini dan dengan adanya sosial media mendorong orang untuk kreatif dan menciptakan beberapa lapangan pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada seperti Digital Marketing, Influencer, Youtuber, content creator.

  • Menjadi sarana berbisnis

Di era teknologi yang semakin berkembang memudahkan orang untuk berbisnis dan berjualan online di berbagai market place bahkan bisa membuat orang berjualan tanpa memerlukan banyak modal seperti dropshipper.

  • Menjadi sarana pembelajaran

Di era pandemi ini semakin kita menyadari bahwa kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun lewat sosial media tanpa harus tatap muka baik itu pola hidup sehat, memasak, bahkan sekolah / kuliah bisa dengan jarak jauh lewat teknologi dan informasi yang dikembangkan.

Jika sudah membahas dampak positif, kita akan membahas apa saja dampak negatif yang ditimbulkan oleh sosial media :

 

  • Memicu kejahatan dan mudah terpengaruh konten negatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan