Laurensia  Dewi
Laurensia Dewi Mahasiswa

Mahasiswi Ilmu Komunikasi yang sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Muda Pilihan

Persiapan Studi Perspektif 2018 FISIP UAJY

1 November 2017   22:04 Diperbarui: 2 November 2017   12:55 648 0 0
Persiapan Studi Perspektif 2018 FISIP UAJY
Pertemuan perdana Studi Perspektif 2018 pada tanggal 19 Oktober 2017. Sumber foto: Perwira Fatoni (Panitia Studi Perspektif 2018)

Studi Perspektif 2018 yang diperuntukan bagi mahasiswa/i Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya (UAJY) angkatan 2015 akan segera dilaksanakan tanggal 16-20 Januari 2018 mendatang sudah mencapai kesiapan hingga 68%.

Studi Perspektif merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh HMPSKOM dalam rangka kunjungan ke berbagai perusahaan-perusahaan besar di Jakarta selama lima hari yang dapat memfasilitasi mahasiswa/i melihat realita dunia pekerjaan secara langsung, keep in touch dengan expert di bidangnya masing-masing, serta menjadi kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mencari tempat magang.

Total ada 73 peserta Studi Perspektif 2018 termasuk dengan panitia, bila dihitung dengan dosen pembimbing maka total menjadi 76 orang. Sejauh ini sudah ada 7 perusahaan yang fix akan dikunjungi dalam Studi Perspektif mendatang dari total ada 13 perusahaan. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah Danone, Hakuhodo, CNN Indonesia, Nielsen, Delamibrands, Edelman, dan ImogenPR.

Dalam rangka mengejar perusahaan-perusahaan yang belum deal, pihak panitia berusaha untuk terus mem-follow up dengan berbagai cara, misalnya mengirim pesan, melalui telefon dan juga mengirim pesan teks WhatsApp.

Ada beberapa pertimbangan dalam memilih perusahaan yang akan dikunjungi, "Kira-kira bulan Juni kemarin, kita (panitia) sudah menyebarkan kuesioner ke angkatan 2015 untuk mengisi perusahaan-perusahaan apa yang diharapkan untuk dikunjungi saat Studi Perspektif. Ada banyak yang sudah mengisi dan dari hasil kuesioner itu, kami kalkulasikan perusahaan mana yang paling banyak dipilih, mana yang permintaannya paling banyak, lalu kita hubungi perusahaan tersebut," ujar Ketua Panitia Studi Perspektif 2018, Anastasia Oktaviani.

Tidak hanya itu, panitia juga selama beberapa minggu membuka stand bagi mahasiswa/i yang ingin bertanya lebih lanjut mengenai Studi Perspektif, maupun request perusahaan.

Studi Perspektif 2018 masih dalam tahap persiapan, "Kita sudah masukin surat, mulai cetak plakat, mencari untuk ID card, dan sebagainya. Lagi prepare juga persiapan di Jakartanya mau kaya gimana," lanjut Anastasia saat ditemui di Perpustakaan Kampus IV UAJY (01/11/17).

Para peserta mengaku sangat antusias untuk mengikuti Studi Perspektif 2018, "Aku cukup antusias dengan Studi Perspektif, kira-kira 85% ingin ikutan," ujar peserta Studi Perspektif 2018, Dervia Sanwinata.

Untuk dapat mengikuti Studi Perspektif, mahasiswa/i wajib membayar sebesar Rp 1.300.000,- yang dapat dicicil sebanyak tiga kali dan sudah termasuk semua fasilitas seperti penginapan, makan, transportasi pulang-pergi, tiket masuk Dunia Fantasi dan lain-lain. Jenis perusahaan yang dikunjungi juga bervariasi tidak hanya mengarah pada satu peminatan bidang studi saja sehingga ilmu yang didapat juga semakin banyak.