Mohon tunggu...
Laura Magvira
Laura Magvira Mohon Tunggu... Mahasiswa

Ingin memanusiakan manusia lewat tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

5 Tips Menjadi Pekerja Paling Sepi di Dunia

12 Oktober 2020   05:50 Diperbarui: 12 Oktober 2020   06:03 13 2 0 Mohon Tunggu...

Sepi sering ditafsirkan sebagai hal yang memilukan. Pola pikir masyarakat umum tidak jauh dengan sunyi yang berakibat galau. Ternyata hidup ini tidak melulu tentang ramai, tapi ada juga lengang yang harus masuk di padatnya kehidupan.
Seperti yang pernah dipaparkan oleh salah satu penulis Indonesia dalam acara IWF 2020. Beliau merupakan penulis yang baru saja meluncurkan buku #3 Geez dan Ann yang terjual habis dalam waktu 2 jam. Kaum milenial pasti sudah tau dengan Nadhifa Allya Tsana atau akrab dipanggil paus di akun instagramnya, rintiksedu. Perempuan muda ini memaparkan kalau menulis adalah pekerjaan paling sepi di dunia. Tapi bukan tidak mungkin akan menghasilkan uang, maka dari itu penulis merangkum tips untuk menjadi pekerja paling sepi di dunia.

#1 Mulailah Kesepian
Ketika kamu merasa semesta sudah tidak mau menemanimu, ada hal yang harus dirayakan yaitu sepi. Dalam kesepian akan muncul keresahan-keresahan. Kamu dapat memanfaatkan resah sebagai bahan untuk menulis. Tidak usah takut terhadap sepi, karena sepi yang akan membawamu pada kebahagiaan. Maka dari itu, mulailah kesepian tapi jika kamu merasa tidak suka terhadap sepi, jangan dipaksakan mungkin senjata kamu bukan ditulisan.

#2 Ukirlah Sepi
Setelah kesepian melanda, mulailah ukir sepi dengan cara menulis. Petik saja buah dari keresahanmu. Semuanya akan terasa mudah dan jangan pikirkan berapa uang yang dihasilkan dari menulis. Tulis saja dengan pemikiran kreatif dan anggap menulis merupakan bagian dari seni mencintai diri sendiri.

#3 Selesaikan Sepi
Layaknya pertarungan di games yang harus diselesaikan. Sepi juga begitu. Bahkan menurut Tsana, esensi dari menulis adalah menyelesaikan. Maka dari itu, sesulit apapun usahakan selesaikan tulisanmu ya.

#4 Teruslah Sepi
Bagaimana agar terus bersama dengan sepi? Caranya dengan cara bergerak. Pernah dengar istilah bergerak atau tergantikan? Nah agar dapat menulis secara konsisten, meskipun tidak suka, kamu harus bergerak untuk riset apa saja yang dibutuhkan diri sendiri dan pengguna media massa. Salah satu yang dapat kamu lakukan menurut founder rintiksedu yaitu dengan terjun di platform kesukaan masing-masing dengan cara survei. Misalnya kamu suka menulis di blog, kamu harus cari tahu dahulu bagaimana ciri khas tulisan yang ada di blog.

#5 Carilah Sepi
Perbanyak referensi bacaan. Mulailah dari jenis buku kesukaanmu. Semakin banyak membaca, kamu akan bergulat dengan pikiranmu sendiri. Hal ini merupakan cara untuk mencari sepi dan menghasilkan sepi-sepi selanjutnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x